Story:Bebek Pelari Penghasil Telur Asin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik pelari
Bebek pelari, itik pelari, atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bebek saja, adalah itik peliharaan dari jenis burung atau unggas yang termasuk keluarga itik yang dipelihara untuk diambil daging dan telurnya.
Bjoern Clauss
Dalam bahasa Belanda, hewan ini dikenal dengan sebutan Indische loopeend dan dalam bahasa Inggris disebut Indian Runner Duck, secara harfiah diterjemahkan menjadi "itik pelari Hindia", karena hewan ini lebih sering berlari secara bergerombol di pekarangan dan jarang sekali terbang.
Aris riyanto
Hewan ini berukuran sedang, berbadan tegak, cendrung tinggi dan agak memanjang terutama di bagian leher. Memiliki panjang tubuh 50 cm (20 inci) untuk bebek pelari betina, dan 76 cm (30 inci) untuk bebek pelari jantan mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor.
Flocci Nivis
Memiliki berat tubuh sekitar 1,4 sampai 2,3 kilogram, bebek yang ditangkar di dalam peternakan bebek biasanya memiliki bobot yang lebih berat daripada bebek pelari yang dibiarkan berkeliaran.
Flocci Nivis
Pada umumnya, bebek pelari memiliki warna paruh cokelat kehitaman, bulu dominan cokelat muda, pada bebek jantan warnanya lebih gelap, terutama di bagian kepala hingga leher. Namun, ada juga bebek albino yang berwarna putih dengan paruh yang berwarna kekuningan.
Aris riyanto
Hewan ini banyak ditemukan di Indonesia, terutama di pulau Sumatra, Jawa, Bali, hingga Lombok. Hewan ini biasa ditemukan sedang berlari secara bergerombol di tepian sungai, sawah, atau ladang, terutama di pedesaan.
Aris riyanto