Story:Bambu Siam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambu siam
Bambu siam atau bambu bangkok (Thyrsostachys siamensis), adalah sejenis bambu hias yang kerap ditanam sebagai pagar halaman atau tepi jalan. Bambu yang berasal dari wilayah daratan Asia Tenggara ini sering pula secara salah kaprah disebut bambu jepang. Dalam bahasa Inggris ia dikenal sebagai Thai bamboo, Monastery bamboo, Umbrella bamboo, Thai umbrella bamboo, dan Umbrella-handle bamboo.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Bambu yang merumpun, tegak dan padat rapat; rebungnya hijau pucat atau keunguan. Buluhnya lurus atau dengan ujung melengkung, mencapai tinggi 8-14 m; percabangan muncul tinggi di atas tanah, dengan banyak cabang dalam satu buku di mana salah satunya lebih besar daripada cabang yang lain. Panjang ruas 15-30 cm dan garis tengahnya 2-7,5 cm; dinding buluhnya amat tebal, bahkan pejal di bagian bawah; halus; hijau keabu-abuan, biasanya sebagian terselubungi oleh pelepah buluh yang tidak rontok; buku-bukunya tidak menonjol, dengan cincin keputihan tepat di bawah buku.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Pelepah buluh tidak lekas rontok; panjang lk. 20–25 cm, lebar di pangkalnya lk. 8–10 cm, yang menyempit menjadi lk. 2,5 cm di bagian pangkal daun pelepah; hijau pucat atau keunguan dengan bulu-bulu miang berwarna putih tersebar di sisi luar, akhirnya cokelat kekuningan jerami dan menipis ketika mengering. Kuping pelepah buluh tidak tampak atau sangat kecil, lokos. Daun pelepah buluh bentuk lanset sempit, 6–15 cm × 5–12 mm, tegak, berambut halus pada sisi adaksial; ligula (lidah-lidah) sangat pendek.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Daun pada ranting sempit bentuk garis, 7–14 cm × 5–8 mm, hijau pucat keputih-putihan, umumnya lokos; pelepah daun bergaris-garis, berambut putih pada marginnya; kuping pelepah kecil atau tak ada; ligula sangat pendek, rata, berambut halus.
Bùi Thụy Đào Nguyên