Story:Bambu Gombong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambu gombong
Bambu gombong (Gigantochloa pseudoarundinacea) adalah sejenis bambu berukuran besar hingga sedang yang sering dipakai sebagai bahan bangunan, furnitur dan perkakas rumah tangga. Bambu ini ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, semuanya hanya didapati dalam pertanaman; dan kini telah tersebar ke banyak tempat. Dalam bahasa daerah, ia disebut awi gombong, awi andong, awi surat (Sd. ); pring gombong, pring andong, pring surat (Jw. ); tiying jajang suwat (Bl. ); buluh batuang danto (Mink. ). Dalam bahasa Inggris ia disebut greater giant bamboo.
Bakti WawaN KartyawaN
Bambu gombong terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, pipa air, membuat perlengkapan rumah tangga seperti furnitur, balai-balai, dan perkakas lain, termasuk anyam-anyaman dan keranjang; serta untuk membuat alat-alat musik tradisional. Dalam industri, buluhnya dipakai sebagai bahan baku sumpit dan tusuk gigi. Rebung dari forma tertentu kerap dimasak sebagai sayuran.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Sebelumnya Gigantochloa pseudoarundinacea tergabung ke dalam satu jenis besar G. verticillata Willd., bersama-sama dengan G. atter (Hassk.) Kurz (bambu ater), G. atroviolacea Widjaja (bambu hitam), dan G. robusta Kurz (bambu mayan). Kini masing-masing jenis itu dianggap sebagai spesies yang tersendiri.
Wibowo Djatmiko (Wie146)