Story:Bambu Gila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambu Gila
Bambu Gila adalah salah satu permainan rakyat Maluku. Pelaksanaannya memerlukan tujuh orang dengan seorang pawang yang membacakan mantra. Bambu Gila telah dikenal sejak masyarakat Maluku masih menganut animisme dan dinamisme. Selain sebagai permainan rakyat, Bambu Gila juga digunakan untuk memindahkan kapal saat melawan musuh dalam peperangan.
Husen Ely
Perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan Bambu Gila adalah bambu sepanjang 2,5 meter dan berdiameter 8 cm. Jumlah pemain yang memegang bambu harus ganjil dan paling sedikit terdiri dari tujuh laki-laki yang kuat. Bambu yang digunakan harus sesuai dengan permintaan pawang atau disiapkan sendiri oleh pawang.
Djuli Pamungkas
Permainan Bambu Gila dimulai dengan ritual membakar kemenyan yang diikuti dengan pembacaan mantra oleh pawang. Para pemain kemudian membawa bilah bambu ke pawang untuk diasapi dengan asap kemenyan.
AnonymousUnknown author
Proses ini dilakukan untuk memanggil roh. Bambu kemudian akan diisi olehnya sehingga bambu bergerak dan menjadi berat.
Zakaria097
Setelah itu, para pengiring musik akan memainkan alat musik yang membuat pergerakan bambu semakin cepat dan para pemain harus menjaga agar bambu tetap tenang. Pada akhir acara, pawang akan menahan bambu dan membuatnya berhenti bergerak.
H.W. (Henk) van Rinsum (Fotograaf/photographer).