Story:Bambu Cina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambu cina
Bambu cina atau buluh cina (Bambusa multiplex) adalah sejenis bambu yang banyak ditanam orang karena kegunaannya, terutama untuk memagari halaman dan tepi jalan. Karena itu ia juga dikenal sebagai bambu pagar, atau buluh pagar. Nama-nama daerahnya, di antaranya, awi krisik (Sd. ); pring gĕndani, pring cĕndani (Jw. ), dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris ia disebut hedge bamboo dengan pelbagai variasinya, atau menurut kultivarnya; dan juga Chinese dwarf bamboo.
Forest & Kim Starr
Bambu yang merumpun, padat dan rapat; rimpangnya bercabang simpodial. Rebungnya berwarna hijau, lokos; buluh yang muda tertutup lapisan lilin putih. Buluhnya tegak, mencapai tinggi 8 m, dengan ujung yang melengkung; mulai bercabang dekat di atas tanah, dengan lk. 7-9 cabang yang hampir sama besarnya pada satu buku.
KENPEI
Panjang ruas 30-50 cm dan garis tengahnya (0,3–)1,5–2,5 cm, buluhnya berdinding tipis hingga lk. 5 mm (tetapi pejal pada var. riviereorum); hijau mengilap, dengan bulu-bulu miang yang kaku dan berwarna cokelat atau cokelat bungalan, terutama di sebelah bawah buku buluh; buku-bukunya sedikit menonjol, gundul.
Daderot
Pelepah buluh mudah rontok; serupa trapesium sempit, awalnya tersaput tipis serbuk putih, gundul, melengkung asimetris dengan ujung miring di sebelah luar. Kuping pelepah buluh amat kecil, tidak jelas, atau bentuk bingkai setinggi 1–2 mm, bulu kejurnya sependek 3 mm; ligula (lidah-lidah) menggerigi tak teratur, tinggi 1,5 mm, lokos. Daun pelepah buluh lekas gugur, tegak, menyegitiga sempit, pangkalnya hampir sama lebar dengan ujung pelepah, ujung daun pelepah meluncip, sisi luarnya berambut miang cokelat bungalan.
Forest & Kim Starr
Daun pada ranting bentuk pita, 5-13 × 0,6-1,5 cm, permukaan bawah agak berbulu, keputih-putihan, berkumpul 5-26 helai di ujung ranting; kuping pelepah daun kecil, dengan bulu-bulu kejur yang pendek; ligula menggerigi, tinggi lk. 1 mm.
Daderot