Story:Ayam Hutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ayam hutan
Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Ayam hutan merupakan leluhur dari ayam kampung.
Yathin S Krishnappa
Ayam-ayam ini dari segi bentuk tubuh dan perilakunya sangat serupa dengan ayam-ayam peliharaan, karena memang merupakan leluhur dari ayam peliharaan. Jantan dengan betina berbeda bentuk tubuh, warna dan ukurannya (dimorfisme seksual, sexual dimorphism).
Thomas Hardwicke
Ayam hutan jantan memiliki bulu yang berwarna-warni dan indah, berbeda dengan ayam betinanya yang cenderung berwarna monoton dan kusam. Ukuran tubuh ayam hutan cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ayam lainnya, gerakannya juga relatif lebih cepat dibanding ayam pada umumnya, hal ini dikarenakan sifat ayam hutan yang masih asli sesuai dengan kondisi sekitarnya yang liar.
Schnobby
Seluruhnya, ada empat spesies ayam hutan yang masih ada. Keempat spesies tersebut menyebar mulai dari India, Sri Lanka sampai ke Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara. Keempat spesies itu adalah: Ayam hutan merah, Gallus gallus, Ayam hutan sailan, Gallus lafayetii, Ayam hutan kelabu, Gallus sonneratii, Ayam hutan hijau, Gallus varius
Lip Kee from Singapore, Republic of Singapore