Story:Awal Mula Piano dan Perkembangannya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piano
Piano (yang juga disebut pianoforte) adalah alat musik tuts yang diklasifikasikan sebagai instrumen dawai dan perkusi yang dimainkan dengan menekan tuts-tuts pada papan piano. Piano dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis.
Tak diketahuiUnknown author
Pada pertengahan abad XVII piano dibuat dengan beberapa bentuk. Awalnya, ada yang dibuat mirip desain harpsichord, dengan dawai menjulang. Piano menjadi lebih rendah setelah John Isaac Hawkins memodifikasi letaknya menjadi sejajar lantai.
Olek Remesz (wiki-pl: Orem, commons: Orem) / Made in cooperation with User:Bechstein.
Lalu, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, dan dengan sentuhan lebih ringan, para pembuat piano Jerman menjawabnya dengan piano persegi. Sampai 1860 piano persegi ini mendominasi penggunaan piano di rumah.
Steinway & Sons, 1 Steinway Place, Long Island City, New York 11105, The United States, www.steinway.com.Steinway & Sons, 10 Rondenbarg, Hamburg D-22525, Germany, eu.steinway.com.
Pada dasarnya, piano dapat dibedakan menjadi: piano akustik dan piano elektronik. Piano akustik menggunakan senar yang dipukul oleh hammer untuk menghasilkan bunyi, sementara piano elektronik menggunakan papan elektronik untuk menghasilkan bunyi yang serupa dengan bunyi piano akustik.
Cograng
Pada piano grand, senar diposisikan secara horizontal; memanjang dari tuts. Bunyi dihasilkan oleh senar yang dipukul keatas oleh hammer dan memanfaatkan gaya tarik bumi untuk mengembalikan hammer pada posisi semula.
Gryffindor
Semakin besar ukuran piano grand, semakin panjang pula senarnya. Senar yang lebih panjang akan menghasilkan bunyi yang lebih keras dan natural. Hal ini menjadikan concert grand sebagai pilihan utama untuk keperluan rekaman dan konser.
PianoTiger106