Story:Archelon, penyu terbesar sepanjang abad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Archelon
Archelon (Dari bahasa Yunani yang berarti pemimpin para penyu), adalah penyu laut prasejarah yang telah lama punah. Archelon merupakan penyu terbesar yang pernah didokumentasikan.
Frederic A. Lucas
Pada tahun 1970an, fosil Archelon terbesar ditemukan di lokasi yang sama. Fosil itu berukuran panjang lebih empat meter dan lebar dari sirip satu ke sirip lain mencapai hingga 4.87 meter.
Creator: Dmitry Bogdanov
Spesimen archelon pertama kali ditemukan di formasi geologis Pierre Shale, Dakota Selatan, Amerika Serikat oleh Dr. G.R. Wieland pada tahun 1895 dan berhasil dideskripsikan pada tahun berikutnya.
Conty
Kerabat paling dekat Archelon dengan penyu modern adalah dengan penyu belimbing. Fosil Archelon diperkirakan berasal dari 75 hingga 65 juta tahun yang lalu di mana lautan dangkal masih menutupi wilayah utara Amerika bagian tengah.
Ninjatacoshell
Tidak seperti penyu yang masih hidup pada masa kini, Archelon tidak memiliki cangkang yang keras. Ia memiliki bilah bilah bingkai tulang yang menyangga karapas yang menyerupai kulit. Hal lain yang membedakannya dengan penyu modern adalah buntut yang cenderung lancip, tulang tengkorak yang lebih sempit, cangkang dengan puncak yang lebih tinggi, dan rahang atas yang lebih maju.
Mike Beauregard