Story:Apakah Kamu Tahu?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gorontalo
Gorontalo (Jawi: غارانتالي) adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi. Provinsi Gorontalo kemudian lahir pada tanggal 5 Desember 2000 berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2000.
Marwan Mohamad
Kota Gorontalo kemudian ditetapkan sebagai ibukota Provinsi Gorontalo, sekaligus menjadi pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan perdagangan terbesar di Kawasan Teluk Tomini. Adapun jumlah penduduk Provinsi Gorontalo sebanyak 1.171.681 jiwa (Sensus BPS, 2020), dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1.16% setiap tahunnya.
Marwan Mohamad
Pada awal kemerdekaan, wilayah Gorontalo masuk dalam Kabupaten Sulawesi Utara yang luas wilayahnya meliputi Buol, Gorontalo, dan Bolaang Mongondow. Pada masa itu, Gorontalo ditetapkan menjadi ibukota Kabupaten Sulawesi Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 22 tahun tahun 1948.
22Kartika
Menurut catatan hikayat sejarah para tetua adat, wilayah Gorontalo dulunya merupakan sebuah pulau kecil dengan dikelilingi oleh lautan. Lama-kelamaan, air laut di sekitar pulau itu pun surut dan kemudian diikuti dengan munculnya tiga buah gunung ke permukaan.
Achmad Rabin Taim
Gorontalo merupakan salah satu wilayah tertua di Pulau Sulawesi selain Kota Makassar dan Manado. Lokasi yang strategis Gorontalo yang berada di jalur pelayaran dan perdagangan antara wilayah Utara dan Selatan, serta dengan diapit oleh dua perairan (Laut Sulawesi dan Teluk Tomini), menjadikan Gorontalo memiliki peran besar sebagai pusat perdagangan hasil bumi dan laut di wilayah tersebut.
Geospatial Information Agency of Indonesia