Story:Apa itu Nematoda ?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nematoda
Nematoda merupakan kelompok cacing yang berada dalam filum Nematoda (terkadang juga disebut Nemathelminthes). Filum ini memiliki anggota beragam yang menghuni rentang lingkungan yang sangat luas.
Agricultural Research Service
Menurut taksonomi, mereka dikelompokkan dalam superfilum Ecdysozoa bersama dengan artropoda dan hewan-hewan lain yang melakukan ekdisis. Berbeda dengan filum Cnidaria dan Platyhelminthes (cacing pipih), nematoda memiliki sistem pencernaan tubular dengan bukaan di kedua ujungnya.
Matthieu Deuté
Spesies nematoda bisa sulit untuk dibedakan satu sama lain. Oleh karenanya, perkiraan jumlah spesies Nematoda bervariasi di kalangan ilmuwan dan bisa berubah dengan cepat. Sebuah survei keanekaragaman hayati hewan tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Zootaxa menyebutkan bahwa angka ini lebih dari 25.000. Perkiraan jumlah total spesies yang masih sintas memiliki variasi yang lebih besar.
Richy Schley
Nematoda telah berhasil beradaptasi di hampir setiap ekosistem, mulai dari laut (air asin) sampai air tawar, di tanah, dan dari daerah kutub sampai daerah tropis, serta ketinggian yang tertinggi sampai yang terendah. Mereka berada di mana-mana di lingkungan air tawar, laut, dan darat, dan jumlah mereka sering melebihi hewan lain baik dari total individu maupun keragaman spesies. Nematoda ditemukan di gunung, padang pasir, hingga palung samudra, dan ditemukan di setiap bagian dari litosfer Bumi, bahkan pada kedalaman 0,9 hingga 3,6 km) di bawah permukaan Bumi di tambang emas di Afrika Selatan.
Heiti Paves
Banyak di antara Nematoda menjadi parasit, sehingga dikategorikan sebagai patogen, bagi sebagian besar tumbuhan dan hewan (termasuk manusia).
Frantiček Moravec