Story:Alkitab (Kitab Suci Kristen)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alkitab
Istilah Alkitab berasal dari kata "Al-Kitab" (bahasa Arab: الكتاب) yang diindonesiakan dan secara sederhana berfaedah sebagai "buku" atau "kitab".
Oxford University, Oxford, England
Alkitab teks bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari Bible, merupakan kitab-kitab agama Jahudi dan Kristen yang ditulis pada waktu-waktu yang berlainan dan oleh para nabi dan rasul Yahudi yang berbeda di lokasi-lokasi yang berbeda.
NYC Wanderer (Kevin Eng)
Berbagai kalangan Kristen menyikapi Alkitab secara berbeda. Kalangan Kristen Katolik Roma, dan menekankan harmoni serta arti penting Alkitab dan tradisi suci, sementara kalangan Kristen Protestan berfokus pada konsep sola scriptura, atau Kebenarannya hanya tunduk pada ayat² yang tertulis dalam alkitab. Konsep ini timbul selama Reformasi Protestan, dan banyak denominasi Protestan yang hingga saat ini terus mendukung penggunaan Alkitab sebagai satu-satunya sumber ajaran Kristen.
Leon Brooks
Etimologi Kata Bible dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin biblia, dari kata yang sama dalam bahasa Latdain abad pertengahan dan bahasa Latin Akhir serta dari kata Yunani Koine τὰ βιβλία ta biblia "kitab-kitab" (bentuk tunggal βιβλίον biblion).