Story:Alabama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alabama
Alabama berbatasan langsung dengan Tennessee di utara, Georgia di timur, Florida dan Teluk Mexico di selatan, serta Mississippi di barat. Negara urutan ke-22 yang bergabung ke Serikat, Alabama bergabung dengan Negara Konfederasi Amerika pada tahun 1861. Setelah Perang Saudara, Alabama kembali ke serikat pada 1868.
Alexrk2
Alabama juga dijuluki Negara Yellowhammer, setelah burung negara. Alabama juga dikenal sebagai "Heart of Dixie" dan "Cotton State". Pohon negara adalah pinus daun panjang, dan bunga negara adalah camellia. Ibu kota Alabama adalah Montgomery. Kota dengan jumlah penduduk terbesar adalah Birmingham, yang telah lama menjadi kota paling maju kota terbesar di daratan adalah Huntsville. Kota tertua adalah Mobile, didirikan oleh penjajah Prancis pada 1702 sebagai ibu kota Perancis Louisiana. Wilayah metropolitan Birmingham Raya adalah wilayah perkotaan terpadat di Alabama.
TUBS
Penamaan Alabama diambil dari Sungai Alabama dan negara bagian berasal dari orang-orang Alabama, suku yang berbahasa Muskogean yang anggotanya tinggal tepat di bawah pertemuan sungai Coosa dan Tallapoosa di hulu sungai. Ejaan kata "Alabama" tersebut sangat bervariasi di antara sumber-sumber sejarah. Penggunaan pertama muncul dalam tiga akun ekspedisi Hernando de Soto tahun 1540: Garcilaso de la Vega menggunakan Alibamo, sementara Ksatria Elvas dan Rodrigo Ranjel masing-masing menulis Alibamu dan Limamu, dalam transliterasi istilah tersebut. Pada awal 1702, Prancis menyebut suku itu Alibamon, dengan peta Prancis mengidentifikasi sungai sebagai Riviere des Alibamons. Ejaan lain dari nama tersebut termasuk Alibamu, Alibamu, Alabamo, Albama, Alebamon, Alibama, Alibamou, Alabamu, Allibamou. Negara bagian ini memiliki banyak nama tempat yang berasal dari penduduk asli Amerika. Namun, tidak ada kata yang serupa dalam bahasa Alabama.
Rivers Langley; SaveRivers