Stilton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Stilton
Blue Stilton Quarter Front.jpg
Negara asal Inggris
Wilayah Derbyshire, Leicestershire, Nottinghamshire
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Keras
Kadar lemak 52%
Waktu pematangan 12 minggu [1]

Stilton adalah keju dari negara Inggris yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi dan memiliki tekstur yang bercorak biru karena penambahan jamur pada proses pembuatannya.[1] Keju Stilton memiliki bentuk silinder yang tinggi dengan kulit yang tebal, berkerut dan padat.[1] Warna dari kulit tersebut adalah coklat keabu-abuan dengan bercak-bercak putih.[1] Kulit tersebut memiliki lubang-lubang sangat kecil yang merupakan hasil dari menusukkan jarum.[2] Jarum tersebut ditusukkan pada kulit keju agar udara di bagian dalam keju dapat keluar.[2] Berat dari keju ini berkisar antara 2.5 kilogram atau 8 kilogram.[2] Stilton pertama kali dipopulerkan oleh Bell Inn, yaitu sebuah penginapan bagi para wisatawan dari London yang hendak ke York.[1] Keju Stilton muda berwarna seperti gading dan rapuh.[1] Sedangkan keju Stilton tua memiliki warna yang lebih gelap dan memiliki corak biru yang lebih menonjol.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 276-279.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 76.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]