Stempel waktu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stempel waktu aktual dari sekitar tahun 1960.

Stempel waktu adalah urutan karakter atau informasi yang dikodekan yang mengidentifikasi kapan peristiwa tertentu terjadi, biasanya memberikan tanggal dan waktu, terkadang akurat hingga sepersekian detik. Istilah ini berasal dari stempel karet yang digunakan di kantor untuk memberi cap tanggal sekarang, dan terkadang waktu, dengan tinta di atas dokumen kertas, untuk mencatat kapan dokumen itu diterima. Contoh umum dari jenis stempel waktu ini adalah cap pos pada surat atau waktu "masuk" dan "keluar" pada kartu waktu.

Di zaman modern penggunaan istilah ini telah meluas untuk merujuk pada informasi tanggal dan waktu digital yang dilampirkan pada data digital. Misalnya, file komputer berisi cap waktu yang memberi tahu kapan file itu terakhir diubah, dan kamera digital menambahkan cap waktu ke gambar yang diambil, merekam tanggal dan waktu gambar itu diambil.

Data ini biasanya disajikan dalam format yang konsisten, memungkinkan perbandingan yang mudah dari dua catatan berbeda dan melacak kemajuan dari waktu ke waktu; Praktik pencatatan cap waktu secara konsisten bersama dengan data aktual disebut timestamping. Penomoran peristiwa yang berurutan terkadang disebut cap waktu.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Claudia Maria Bauzer Medeiros (19 September 2009). ADVANCED GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEMS -Volume I. EOLSS Publications. hlm. 59. ISBN 978-1-905839-91-9.