Stasiun kerja audio digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seorang pria sedang menggunakan DAW

Stasiun kerja audio digital (Inggris: digital audio workstation) atau disingkat dengan DAW adalah kategori perangkat lunak yang digunakan untuk merekam suara, menyunting audio, memanipulasi audio dan midi programming. Aplikasi DAW dijalankan menggunakan komputer dan memiliki pengaturan yang berbeda-beda satu dengan lainnya, namun umumnya DAW bekerja dengan unit perangkat elektronik yang terintegrasi ke aplikasinya, seperti audio interface atau konsol audio. DAW masa kini memiliki kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk merekam, mengubah dan mencampur aneka perekaman dan sumber suara lainnya menjadi berkas audio digital yang sempurna.[1]

DAW digunakan untuk memproduksi dan merekam musik, lagu, suara manusia, radio, televisi, soundtrack, podcast, efek suara dan situasi sejenis dimana dimana dibutuhkan perekaman suara dan pengolahan audio yang kompleks.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kefauver, Alan P.; Patschke, David (2007-01-01). Fundamentals of Digital Audio, New Edition (dalam bahasa Inggris). A-R Editions, Inc. hlm. 133. ISBN 9780895796110.