Starship Catan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Starship Catan

Starship Catan adalah sebuah permainan kartu dua-orang, yang disadur dari permainan papan berjudul Starfarers of Catan. Sebagai anggota dari keluarga permainan Catan yang dirancang oleh Klaus Teuber, dan didistribusikan oleh Kosmos dalam Bahasa Jerman dan Mayfair Games dalam bahasa Inggris.

Meskipun permainan ini didasari oleh motif Starfarers, permainan ini hanya sedikit saja kemiripannya dengan Starfarers, tidak seperti Settlers of Catan dengan Catan Card Game. Di dalam permainan ini, dua pemain mewakili dua regu orang Catan yang ingin pulang ke Rasi Bintang Catan setelah tersesat didalam lubang cacing. Yang menjadi penolong mereka adalah empat ras alien yang menawarkan bantuan mereka - ras-ras ini juga adalah empat dari lima ras alien yang ada di permainan Starfarers. Seperti permainan Catan lainnya, permainan ini dimainkan berdasarkan poin kemenangan yang ditentukan - tidak ada asumsi yang menyatakan bahwa mereka harus sampai Catan dan pulang ke rumahnya.

Seperti Starfarers, ada lima sumber daya utama dalam permainan ini -- bijih, gandum, bahan bakar, barang dagangan dan Karbon. Seperti Catan Card Game, ada batasan sumber daya yang bisa dikumpulkan, dan juga sumberdaya ke-enam - ilmu pengetahuan.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Saat memulai permainan, setiap pemain (digambarkan sebagai pemain matahari dari pemain bulan setelah lencana masing-masing) dimulai dengan kapal luar angkasa yang diperlengkapi dengan ringan, serta planet koloni yang telah disumbangkan ke kedua pemain oleh Green Folk, salah satu ras alien. Setiap pemain juga diberikan 25 Astro, mata uang lokal, dari para Ilmuwan, ras alien lainnya.

Kapal Luar Angkasa[sunting | sunting sumber]

Namun, sebagian besar kemampuan penting dalam permainan ini berasal dari kapal luar angkasa itu sendiri - kapal luar angkasa adalah rumah bagi enam pod kargo (satu untuk setiap sumber daya). Setiap kapal juga berisi enam ruang untuk memasang modul, dengan salah satu dari enam sudah terpasang sebelumnya. Kapal ini juga merupakan rumah bagi hanggar yang berisi dua pesawat ruang angkasa yang lebih kecil (kapal koloni dan kapal dagang), serta serangkaian meriam (satu sudah dipasang sebelumnya) dan booster (dua sudah terpasang sebelumnya).

Polongan Kargo[sunting | sunting sumber]

Setiap kapal dilengkapi dengan enam polongan kargo - satu untuk setiap sumber daya. Masing-masing dari lima ruang kargo utama dapat menampung maksimal dua sumber daya tertentu, yang dapat ditingkatkan dengan modul yang sesuai. Lab Sains tidak terpengaruh oleh modul, tetapi hanya dapat menampung hingga empat poin sains. Di awal permainan, setiap pemain memulai dengan dua barang dagangan dan satu poin sains.

Modul[sunting | sunting sumber]

Enam ruang tersisa di kapal luar angkasa adalah untuk modul. Ini memperluas kemampuan kapal luar angkasa, dan dengan demikian kemampuan pemain itu sendiri. Pada awal permainan, setiap pemain memulai dengan satu modul pilihan mereka, dan lima lainnya dapat dibangun selama permainan. Setiap modul dapat ditingkatkan lebih lanjut ke Modul Level II, yang selanjutnya memperluas kemampuan kapal luar angkasa. Namun, hanya satu pemain yang boleh memiliki modul Level II.

Nama Efek Level I Efek Level II
Perintah Dapat mengambil tiga tindakan per penerbangan. Dapat mengambil empat tindakan per pernerbangan.
Logistik Dapat menyimpan hingga tiga sumber daya di ruang kargo. Dapat menyimpan hingga empat sumber daya di ruang kargo.
Produksi Menghasilkan barang dagangan dalam satu gulungan dadu. Menghasilkan barang dagangan pada dua gulungan dadu.
Sains Menghasilkan poin sains pada satu lemparan dadu. Menghasilkan poin sains pada dua lemparan dadu.
Sensor Lihatlah dua kartu pertama dari sektor yang Anda tuju. Pilih untuk menyimpannya atau membuangnya. Lihatlah tiga kartu pertama dari sektor yang Anda tuju. Pilih untuk menyimpannya atau membuangnya.
Perdagangan Beli sumber daya dari lawan untuk dua Astro. Beli hingga dua sumber daya dari lawan untuk masing-masing dua Astro.

Meriam dan Booster[sunting | sunting sumber]

Seperti Starfarer, meriam dan booster dapat dipasang di kapal, masing-masing dengan tujuannya sendiri. Hingga tiga meriam dan tiga booster dapat dipasang, yang dapat berada di salah satu dari dua level yang berbeda. Tingkat meriam atau booster membantu dalam menentukan kekuatan tempur dan kekuatan terbang, masing-masing, selama fase permainan.

Hanggar[sunting | sunting sumber]

Setiap kapal juga berisi hanggar, yang dapat memuat hingga dua pesawat ruang angkasa. Ada dua jenis pesawat ruang angkasa: kapal koloni dan kapal dagang. Pada awal permainan, pemain mulai dengan masing-masing di hanggar mereka.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Seperti permainan Catan lainnya, ada beberapa fase utama permainan ini - produksi, penerbangan, perdagangan, dan pembangunan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada awal setiap giliran, pemain yang akan bergerak melempar satu dadu, dan, seperti Settlers atau Starfarers, setiap planet koloni dengan nomor produksi yang cocok dengan angka yang ditunjukkan pada dadu menghasilkan satu sumber daya dari jenis kartu yang ditentukan. Namun, tidak seperti permainan lainnya, hanya satu planet koloni yang dapat menghasilkan sumber daya pada satu waktu, dan pemain dipaksa untuk memilih kapan salah satu dari dua atau lebih koloni dapat menghasilkan sumber daya. Namun, sumber daya yang diproduksi akan hilang jika ruang kargo tidak mencukupi.

Setiap gulungan yang cocok dengan nomor yang ditampilkan pada modul produksi atau sains juga menghasilkan barang dagangan atau poin sains, dan tunduk pada batasan penyimpanan yang sama. Namun, pemain dapat secara bersamaan menghasilkan sumber daya dari modul serta koloni.

Pernerbangan[sunting | sunting sumber]

Fase penerbangan dianggap sebagai fase utama permainan, dan unik untuk Starship Catan. Selama fase ini, pemain dapat memilih untuk menjelajahi (atau terbang ke) salah satu dari empat sektor berbeda, masing-masing diwakili oleh sepuluh kartu. Setelah sektor dipilih, level gabungan booster di kapal luar angkasa ditambahkan ke gulungan dari cetakan produksi untuk menentukan jumlah kartu maksimum yang dapat dieksplorasi.

Saat menjelajahi sistem, setiap kartu di sektor ini dibalik satu per satu oleh lawan, dan pemain dapat memilih untuk mengambil tindakan pada kartu. Penerbangan berakhir jika jumlah kartu maksimum tercapai, jumlah maksimum tindakan yang diambil (awalnya dua, dapat ditingkatkan dengan modul), atau pemain kalah dalam serangan bajak laut. Seorang pemain juga dapat memilih untuk mengakhiri fase penerbangan mereka sebelum waktunya. Jika sebuah kartu dikeluarkan dari sektor tersebut, kartu tersebut akan diganti dengan kartu baru dari tumpukan cadangan.

Ada beberapa kemungkinan tentang apa yang dapat dieksplorasi:

Petualangan Planet[sunting | sunting sumber]

Sekilas tentang Misi
Nama Ras Planet Level Persyaratan Hadiah
Pencemaran lingkungan Rakyat Hijau Poseidon 1 1 poin sains 3 Astro, 1 sumber daya
Kelaparan Rakyat Hijau Picasso 2 1 Makanan 1 Titik Ketenaran , 1 sumber daya (Kecuali makanan)
Rapat Dewan Galaksi Diplomat Poseidon 3 6 Poin Astro 1 titik ketenaran, 2 Sumber daya
Hadiah dari Diplomat Diplomat Picasso 1 Kosong 1 sumber daya
Hadiah dari Pedagang Pedagang Pallas 1 Kosong 1 Sumber daya
Monumen Pedagang Pallas 4 2 bijih , 1 Karbon 1 Poin Kemenangan
Bajak Laut Ilmuwan Neraka 2 3 Meriam 3 Poin Astro, 1 sumber daya
Wabah Diplomat Neraka 3 2 Poin Sains 1 Poin Kemenangan
Membangun ulang Diplomat Neraka 4 10 Poin Astro 2 titik ketenaran
S. O. S. Rakyat Hijau Picasso 3 4 booster 1 poin ketenaran, 1 sumber daya
Butuh Mendesak I Pedagang Pallas 2 1 dagangan 1 Poin ketenaran, 1 Sumber daya (Kecuali dagangan)
Butuh Mendesak II Pedagang Poseidon 4 2 dagangan 1 poin ketenaran, 2 sumber daya (Kecuali dagangan)

Ada empat Planet Petualangan di empat sektor, bernama Pallas, Hades, Picasso, dan Poseidon. Ini memungkinkan pemain untuk melakukan misi dan menerima hadiah untuk penyelesaiannya.

Pada waktu tertentu, ada tiga misi yang tersedia. Setiap kali misi selesai, itu digantikan oleh misi baru dari tumpukan cadangan. Setiap misi menyatakan planet yang harus dihadapi pemain, serta persyaratan tambahan lainnya. Jika persyaratan terpenuhi (dan jika terdiri dari Astro atau sumber daya, dibayar sebagai biaya), maka misi selesai. Misi dapat memberikan Fame Points, Victory Points, atau sumber daya setelah selesai.

Jika lebih dari satu misi tersedia di sebuah planet, pemain dapat memilih untuk menyelesaikan semua misi yang tersedia. Namun, pemain tidak dapat menyelesaikan misi yang baru diganti.

Penyelesaian setiap misi merupakan satu tindakan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]