Sri Lanka Rupavahini Corporation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sri Lanka Rupavahini Corporation
JenisPenyiar (Rupavahini, Channel Eye, Nethra TV dan NTV)
NegaraSri Lanka Sri Lanka
JangkauanNasional
PemilikPemerintah Sri Lanka
Tokoh penting
Mohan Samaranayake (Ketua)
Tanggal luncur
14 Februari 1982
Format gambar
PAL
Situs resmi
http://www.rupavahini.lk

Sri Lanka Rupavahini Corporation (SLRC, bahasa Sinhala: ශ්‍රී ලංකා රූපවාහිනී සංස්ථාව; Tamil: இலங்கை ரூபவாகினி கூட்டுத்தாபனம்), adalah jaringan televisi nasional Sri Lanka. Berbakat oleh tokoh Jepang kepada orang-orang Sri Lanka, terutama untuk penyediaan pendidikan, informasi dan hiburan.

Didirikan oleh Parlemen berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 pada tahun 1982 untuk penyediaan layanan televisi nasional, memproduksi dan menyiarkan program-program dalam tiga bahasa. Pegawai sipil dibedakan M.J Perera adalah Ketua Pendiri Sri Lanka Rupavahini Corporation (SLRC).

SLRC adalah penyiar televisi terbesar di Sri Lanka dan memiliki sebuah resepsi nasional salurannya. SLRC menyiarkan saluran dalam frekuensi VHF dan UHF di Sri Lanka.

Saluran[sunting | sunting sumber]

Jaringan ini menyiarkan layanan, Rupavahini, Nethra TV (yang menyiarkan dalam bahasa Tamil), Channel Eye dan NTV (yang menyiarkan dalam bahasa Inggris). Sejak 1 Januari 2008, Nethra TV dan Channel Eye berbagi frekuensi siaran sama. Saluran bersama dikenal sebagai Nethra Eye. Saat ini, semua layanan di jaringan TV ini hanya tersedia dengan transmisi analog. Tapi ada rencana untuk upgrade ke penyiaran digital. Dari tahun 2011, Transmisi Kokawil mulai DVB-T2 untuk daerah Utara di Sri Lanka. Ada rencana untuk mengirimkan Transmisi Digital DVB-T2 ke seluruh negeri pada tahun 2015. Transmisi analog saat ini akan benar-benar terputus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]