Speakers' Corner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orator di Speakers' Corner di London, 1974.
Speakers' Corner, April 1987.

Speakers' Corner adalah area pidato di tempat terbuka, debat, dan diskusi yang diperbolehkan. Area awal dan paling terkenal adalah di sudut timur laut Taman Hyde di London, Inggris. Secara historis ada sejumlah area lain yang ditunjuk sebagai lokasi Speakers' Corner di taman-taman lain di London, seperti Lincoln's Inn Fields, Finsbury Park, Clapham Common, Kennington Park, dan Taman Victoria). Area Speakers' Corner juga telah ada di beberapa negara lain dan di tempat lain di Inggris.

Orator dapat berbicara tentang masalah apa pun, selama polisi menganggap pidato mereka sah, meskipun hak ini tidak terbatas hanya pada orator di Speakers' Corner saja. Bertentangan dengan kepercayaan umum, tidak ada kekebalan hukum, tidak ada subjek yang dilarang, polisi dapat melakukan intervensi jika ada laporan keluhan dari masyarakat.[1] Di masa lalu, polisi melakukan intervensi dengan alasan orator menggunakan kata-kata umpatan dalam pidatonya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Speakers' Corner Still Has Free Speech". https://www.adamsmith.org/. Adam Smith Institute. Diakses tanggal 14 October 2019.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ Huggon, Jim: Speakers' Corner: An Anthology. London: Kropotkin's Lighthouse Publ. 1977