Soundhound

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

SoundHound (dikenal sebagai Midomi sampai dengan Desember 2009) adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dengan dengungan, siulan, dan musik yang sedang dimainkan. Layanan ini diluncurkan oleh Melodis Corporation (sekarang SoundHound Inc), di bawah Chief Executive Keyvan Mohajer pada tahun 2007 dan telah menerima dana dari global Catalyst Partners, TransLink Capital dan Walden Ventura Capital. KNF.

Tentang[sunting | sunting sumber]

SoundHound adalah applikasi untuk pencarian musik yang tersedia di Apple App Store, Google Play dan Windows Marketplace for Mobile. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi musik saat dimainkan. Hal ini juga memungkinkan untuk melafalkan atau mengetik nama artis atau lagu. Tidak seperti pesaingnya yaitu Shazam, Shazam hanya dapat mengidentifikasi lagu melalui musik yang sedang di mainkan.

Setelah mengidentifikasikan lagu, aplikasi ini memberikan kita lirik dari lagu tersebut, lalu applikasi ini dapat menyediakan link yang dapat menyambungkan kita ke video lagu tersebut di YouTube, iTunes, nada dering, dan dapat mengakses Pandora Radio, serta memberikan rekomendasi untuk lagu lainnya.

Ada tiga versi dari aplikasi ini yaitu: SoundHound, SoundHound Infinity dan Hound. SoundHound gratis tetapi memiliki iklan banner, sementara SoundHound Infinity (gaya SoundHound ∞), harga £ 4,99 di Inggris atau $ 6,99 di AS, adalah persembahan premium dan memiliki fungsi yang sama tetapi tanpa iklan banner, dan Hound hanya memungkinkan pengguna untuk mencari artis atau lagu dengan berbicara ke dalamnya. Serupa dengan aplikasi SoundHound, Hound kemudian kembali preview lagu, lirik, seni album dan video serta bios artis dan tanggal tur.

Terobosan teknologi Sound2Sound SoundHound yang mencari suara terhadap suara, melewati suara tradisional untuk teknik konversi teks bahkan ketika mencari database teks. Sound2Sound telah menghasilkan banyak terobosan termasuk pengakuan tercepat di dunia musik, menyanyi hanya layak di dunia dan pencarian bersenandung, dan instan-respon sistem pengenalan suara skala besar.

SoundHound telah menghasilkan beberapa aplikasi yang memenangkan penghargaan dalam musik dan pencarian suara di platform termasuk iPhone, iPad, Android, Windows Mobile dan perangkat Symbian. SoundHound juga memiliki berbagai kemitraan dengan perusahaan global, termasuk produsen perangkat terkemuka dan operator.

SoundHound kini berkantor pusat di Santa Clara, California, SoundHound didukung oleh terkemuka investor Silicon Valley, termasuk perusahaan Catalyst Global Partners, TransLink Capital dan Walden Ventura Capital .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Midomi, berganti nama menjadi SoundHound pada bulan Desember 2009 dengan peluncuran versi 3.0 dari aplikasi mobile, diluncurkan secara beta pada bulan Januari 2007, sebagai situs, dengan 2 juta lagu berlisensi. Dan secara resmi diluncurkan pada tahun 2009 .

Versi pertama dari aplikasi ini dirilis pada Apple App Store pada bulan Juli 2008. Pada peluncuran Windows Marketplace for Handphone pada bulan Oktober 2009, Midomi adalah salah satu aplikasi yang termasuk dalam toko dan dapat dibeli untuk $ 4,99. SoundHound bergabung dengan Android app store pada bulan Juni 2010. Pada Januari 2013, SoundHound kini juga sudah dapat dinikmati oleh pengguna BlackBerry OS 10 dan seterusnya.

Sebuah versi gratis dari aplikasi ini dirilis pada bulan April 2010, dengan semua fungsi dari versi premium, sementara membatasi jumlah pencarian sampai lima per bulan, dan menambahkan iklan banner. Versi premium yang sekarang berganti nama menjadi SoundHound Infinitymerupakan sebuah versi stripped-down, Hound, dirilis pada Mei 2011.

Pada Januari 2011, Apple mengungkapkan SoundHound masuk ke dalam peringkat atas applikasi berbayar iPad di AppStore, sementara saingannya Shazam menduduki peringkat empat dari sepuluh applikasi gratis di iPhone.

Pada bulan Juni 2012, SoundHound mengumumkan bahwa mereka memiliki 80 juta pengguna, Versi 5.0 dirilis dengan desain yang sangat menarik dan tata letak, termasuk seni album dan foto resolusi tinggi dari seniman. Pembaharuan ini ditunjukan untuk pengguna iOS dan Android.

Sound2Sound[sunting | sunting sumber]

Sound2Sound (S2S) adalah teknologi revolusioner, yang diciptakan oleh SoundHound, yang mampu mengenali berbagai masukan suara termasuk musik dan pidato. Applikasi ini menawarkan kombinasi terobosan kecepatan dan akurasi tercapai melalui pendekatan tradisional untuk suara pengakuan.

S2S melakukan pengakuan dengan mengekstraksi fitur dari sinyal input dan mengkonversi mereka ke representasi kristal kompak dan fleksibel. Ini input Crystal kemudian dicocokkan dengan database Sasaran Kristal yang telah diperoleh dari konten dicari.

Kristal sasaran secara otomatis dihasilkan dari berbagai format data termasuk data audio (seperti rekaman musik dan rekaman suara pengguna) dan data non-audio. Konten berbasis teks biasa, misalnya, bisa mulus dicerna oleh S2S karena teknik sintesis kuat.

Dalam semua kasus, pengakuan dilakukan langsung pada representasi Crystal - cocok "suara terdengar" - menghindari konversi kesalahan-sarat (seperti dari "suara ke teks") hadir dalam sistem tradisional. Selanjutnya, S2S sepenuhnya parallelizable, sehingga kemampuan untuk mencapai kecepatan dan akurasi secara bersamaan sebagai lawan mengorbankan satu untuk yang lain.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Salah satu contoh gambar cara kerja pembacaan frekuensi, nada yang di analisis oleh aplikasi setelah suatu lagu dikirim ke server shazam maupun soundhound:

Untuk lebih jelasnya, SoundHound mempunyai database lagu yang sangat besar. Lagu-lagu yang dikirim oleh pengguna SoundHound melalui aplikasi SoundHound, data lagunnya diambil terpisah dan dianalisis untuk sifat akustik mereka oleh server SoundHound - khususnya "frekuensi puncak" di berbagai titik dari suatu lagu. Ketika Anda mengcapture 10 detik audio dan mengirimkannya ke server SoundHound, Anda juga telah mengirimkan frekuensi dari lagu tersebut: catatan dari instrumen, harmoni yang khas dari suatu lagu dan sejenisnya. Orang lain mungkin akan bilang, pemanas mobil Anda atau A / C dapat mengeluarkan suara saat anda mengcapture suatu lagu yang dapat mengganggu proses identifikasi lagu via SoundHound, tetapi jika catatan data dan nada suatu lagu masih dapat dikenali oleh SoundHoundatau sound hound (dalam teorinya) masih cocok dengan kombinasi tertentu dari frekuensi suatu lagu yang ditemukan dalam database SoundHound, maka lagu tersebut masih dapat teridentifikasi.

Gambar cara kerja SoundHound secara gamblang:

  1. Pemakai aplikasi Soundhound mengcapture sebagian nada dari suatu lagu ke aplikasi Soundhound,
  2. Aplikasi Soundhound akan mengextract data dari suatu lagu ke server,
  3. Data dari suatu lagu dicocokkan dengan database lagu yang ada, kemudian diextract lagi untuk mengetahui lagu yang kita kirim via aplikasi Soundhound cocok dengan algoritme lagu yang sesuai.
  4. Kemudian dalam database jika telah diketahui suatu kecocokkan lagu maka akan mengirim balik ke pengguna aplikasi, informasi berupa judul lagu, artis, dan tag picture lagu tersebut (Jika ada).

Jajaran Pengelola[sunting | sunting sumber]

Keyvan Mohajer (Pendiri, Presiden & Chief Executive Officer)

Keyvan memimpin manajemen perusahaan, strategi perusahaan dan operasi. Ia juga merupakan eksekutif utama yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi SoundHound. Dengan lebih dari 12 tahun pengalaman nya di bidang eksekutif sebagai pengusaha visioner dan manajer berorientasi hasil general, Keyvan telah memainkan peran penting dalam mengambil startups beberapa dari konsep dasar untuk profitabilitas. Keyvan memiliki gelar master dan Ph.D. di bidang teknik listrik dari Universitas Stanford.

Majid Emami (Pendiri & Wakil Presiden, Teknik)

Majid bertanggung jawab untuk mengelola pengembangan teknologi SoundHound. Dia memiliki pengalaman yang luas di bidang pemrosesan sinyal dan teori informasi, dan merupakan salah satu penemu terkemuka dari mesin audio pengakuan SoundHound, di mana ia memberikan kontribusi untuk kedua ujung depan sinyal-pengolahan dan back end algoritmik. Sebelum SoundHound, Majid menjabat sebagai penasihat teknologi kunci ke sejumlah perusahaan di Silicon Valley. Dia memiliki gelar master dan Ph.D. di bidang teknik listrik dari Universitas Stanford.

James Hom (Pendiri & Wakil Presiden, Produk)

James bertanggung jawab untuk mengelola semua upaya pengembangan SoundHound, produk dan untuk mengawasi keuangan dan operasi akuntansi. Dia memiliki pengetahuan luas tentang produk, pengembangan desain dan pengujian, dengan fokus khusus pada aplikasi mobile, interaksi manusia komputer, akuntansi dan keuangan. Dia memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer dari Universitas Stanford.

Amir Arbabi (Wakil Presiden, Pengembangan Bisnis)

Amir secara langsung bertanggung jawab atas strategi perusahaan, ekspansi keseluruhan, mengembangkan dan memperluas peluang bisnis baru dan kemitraan strategis, membentuk dan mengelola aliansi strategis dan pemodelan bisnis. Dia juga memainkan peran utama dalam menjaga sehari-hari SoundHound operasi-operasi. Amir memiliki pengalaman bertahun-tahun bekerja secara langsung dengan baik pertumbuhan emerging-dan kemudian-tahap perusahaan di sejumlah industri. Sebelum SoundHound, Amir berada di Grup Venture Hukum di mana ia bekerja dengan berbagai perusahaan dan perusahaan modal ventura dalam semua aspek pengembangan usaha, transaksi komersial, operasi, ekuitas dan pembiayaan utang, merger dan akuisisi, dan kekayaan intelektual. Dia memiliki gelar BA di bidang ekonomi dari Stanford University dan JD dari Harvard Law School.

Kamyar Mohajer (Wakil Presiden, Strategi dan Perencanaan)

Kamyar bertanggung jawab untuk mengembangkan operasi dan strategi ekspansi, serta mengevaluasi dan membentuk kemitraan bisnis. Dia juga bertanggung jawab untuk mengembangkan kekayaan intelektual SoundHound strategi, termasuk identifikasi dan perlindungan dari penemuan banyak dan inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan. Sebelum bergabung dengan SoundHound, Kamyar dipraktikkan hukum perusahaan dan komersial di Toronto, Kanada, di mana dia bekerja pada transaksi komersial yang kompleks seperti merger dan akuisisi, berbagi dan pembelian aset dan penjualan, pembiayaan perusahaan, dan kesepakatan keamanan. Dia menerima gelar sarjana dalam ilmu komputer dan musik dari York University, Toronto, menyelesaikan pendidikan pascasarjana dalam hukum di Osgoode Hall Law School, Toronto, dan meraih gelar MBA. dari Schulich School of Business, Toronto.

Tim Stonehocker (Chief Technology Officer)

Tim bertanggung jawab untuk pengembangan dan operasi yang berhubungan dengan musik ini SoundHound teknologi pencarian. Dia juga bertanggung jawab untuk membimbing arsitektur perangkat lunak dan keputusan pembangunan seluruh organisasi rekayasa SoundHound, memastikan ketahanan dan keandalan sistem inti sementara memungkinkan organisasi untuk terus berinovasi dengan kecepatan industri terkemuka. Daerah Tim keahlian termasuk algoritme pencarian, musik, besar toleransi kegagalan sistem, dan optimasi kode. Sebagai kontributor utama untuk Sains Cari SoundHound ini Sound2Sound, ia telah meningkatkan efisiensi algoritme dengan urutan magnitudo sementara terus meningkatkan akurasi. Sebelum SoundHound, Tim berada di A9.com dan Amazon. Dia memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer dari Universitas Stanford dan gelar master di bidang musik dari CCRMA Stanford.

Kathleen (Katie) McMahon (Wakil Presiden, Penjualan & Pemasaran)

Katie bertanggung jawab untuk memberikan dan menumbuhkan pendapatan baris. Dia juga memberikan kepemimpinan di pengembangan produk dan pemasaran. Sebelum bergabung dengan SoundHound, Katie adalah Wakil Presiden Pengembangan Bisnis di Shazam di mana ia memainkan peran penting dalam skala perusahaan dan membangun brand Shazam ini. Sebelum Shazam, Katie adalah pendiri dan managing director dari Westport Communications Inc, data layanan mobile perusahaan yang berbasis di Tokyo. Pada tahun 2002, ia diakui sebagai wanita Barat pertama yang meluncurkan sebuah perusahaan teknologi di Jepang. Sebelum Westport, Katie bekerja sama dengan tim manajemen eksekutif di Jepang Communication Inc (IHSG) pada proyek-proyek khusus termasuk persiapan IPO dan hubungan investor. Dia telah ditunjuk oleh Mobile Entertainment sebagai salah satu "Top 50 Perempuan" dalam konten mobile. Katie lulus dengan perbedaan tinggi dari University of Virginia, dengan gelar sarjana dalam Pemikiran Politik & Sosial.

Cheryl Lucanegro (Wakil Presiden, Periklanan & Strategi Penjualan)

Cheryl bertanggung jawab untuk penjualan iklan dan kampanye inovatif untuk mengembangkan lembaga, pemimpin merek global, dan penyiaran. Sebelum bergabung dengan SoundHound, Lucanegro adalah wakil presiden senior dari penjualan iklan di Pandora, ketika go public pada 2011. Sebelum itu, Lucanegro adalah penerbit di Edutopia, bagian dari George Lucas Educational Foundation. Sebelumnya pengalaman penjualan termasuk menjabat sebagai wakil presiden senior penjualan di Salon Media Group dan pada Standar Industri, dan sebagai wakil presiden penjualan dan penerbit asosiasi di Majalah Upside. Sebelumnya, ia menjabat sebagai manajer penjualan regional di Publishing Company Davis Ziff. Dia memiliki gelar BS dalam Jurnalisme dari Universitas Florida.

Farhad Shakeri (Wakil Presiden, IT / Operasi)

Farhad bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang dan menjalankan produksi global SoundHound dan perusahaan infrastruktur TI dan jaringan. Sebelum SoundHound, dia adalah Direktur T.I. Jaringan di Big Bear dan pemula lainnya. Ia juga menghabiskan 17 tahun sebagai programmer sistem utama di Stanford University Departemen Ilmu Komputer dan UC Berkeley. Farhad bergabung SoundHound pada tahun 2005 sebagai karyawan pertama.

Applikasi Serupa[sunting | sunting sumber]

  • Shazam
  • Gracenote yang MusicID-Stream memiliki keuntungan utama memiliki database terbesar dari semua ID musik (dengan lebih dari 28 juta lagu).
  • Musipedia adalah mesin pencarian musik yang bekerja secara berbeda dari orang lain karena bukannya menggunakan teknik untuk mengidentifikasi rekaman musik, dapat mengidentifikasi potongan musik dari melodi tunggal atau ritme.
  • Bermain dengan Yahoo Music.
  • Identifikasi musik Bing.
  • Sony TrackID
  • Path (juga memiliki fitur mengidentifikasi musik)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Best Music Info App, February 2013
  • SoundHound Infinity Grabs Best Music Engagement App Award, October 2010
  • CTIA 2010, "Hot for the Holidays Finalist", October 2010
  • Smokin Apps, August 2010
  • Under The Radar, "Best in Show (Audience Choice), Best Consumer Apps (Judges & Audience Choice)", November 2009
  • Time Magazine, "Top 11 iPhone Apps"
  • TiE50 Winner, Top Wireless Startups
  • PC Magazine, "Top 10 Music Apps"
  • Midomi.com Receives Popular Science “Best of What’s New” Award
  • S60.com Featured Application
  • Nokia Featured Application
  • WebWare Top 100
  • CNet Beta of the week
  • TopNetPix Cool 100
  • The iLounge Award

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.soundhound.com

http://www.engadget.com/2013/03/29/soundhound-reveals-new-rdio-and-tablet-friendly-android-update/

http://www.cnet.com/8301-19736_1-20007745-251.html

http://www.shazam.com/