Sosialaba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sosialaba adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan sosial untuk kemudian mengambil keuntungan, faedah, guna atau manfaat dari kegiatan sosial yang dilakukannya hingga menimbulkan kerugian bagi orang lain. Sosialaba merujuk pada kegiatan-kegiatan sosial yang seringkali dilakukan dengan mengatasnamakan kegiatan sosial demi mendapatkan keuntungan, faedah, guna atau manfaat dalam bentuk apapun. Baik berupa uang, jasa, nama baik dan lainnya.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Secara etimologi, sosialaba berasal dari gabungan dua kata, yaitu sosial dan laba.

Kata sosial sebagai kata sifat memiliki arti :

  • Berkenaan dengan masyarakat;
  • Suka memerhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma dan sebagainya).

Sedangkan laba sebagai kata benda memiliki arti :

  • Selisih lebih antara harga penjualan yang lebih besar dan harga pembelian atau biaya produksi;
  • Keuntungan; faedah; guna; manfaat.

Secara bahasa atas maksud penyebutan istilah sosialaba, menjadi penting dihadirkan sebagai salah satu bentuk perlawanan terhadap dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh fenomena ilusi digital magnetis. Sehingga dengan kehadirannya, masyarakat bisa membedakan mana kegiatan sosial yang berjalan natural apa adanya tanpa orientasi pada keuntungan dan mana kegiatan sosial yang berorientasi pada keuntungan. Pun membedakan mana filantropis murni atau filantropis buatan.

Kehidupan Sosialaba[sunting | sunting sumber]

Sosialaba tentu saja bukan sosialita. Namun proses kemunculan sosialaba identik secara semantik dengan sosialita. Keduanya sama-sama berasal dari dua kata. Sama-sama berkenaan dengan masyarakat (publik) dan kegiatan sosial. Hanya saja, istilah sosialita pada perkembangannya mengalami pergeseran makna sampai keluar dari makna kesosialannya. Sedangkan sosialaba pada dasarnya berasal dari pergeseran perilaku dalam berkegiatan sosial hingga melahirkan makna baru. Seperti kehidupan sosialita yang seringkali terbaca atau terlihat pada momen-momen tertentu dalam kegiatan-kegiatan tertentu. Begitu pula kehidupan sosialita, hanya akan terbaca atau tampak pada momen-momen tertentu dalam kegiatan-kegiatan tertentu saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] Sosialaba.Kompasiana.com. Diakses tanggal 2023-02-20.

[2] Sosialita Ngelaba' atau Sosialaba Ngelita'. Kompasiana.com. Diakses tanggal 2023-02-20

[3] Sosialaba: Memanfaatkan Kedermawanan Lewat Buka Donasi atau Mengemis Online. Kompasiana.com. Diakses tanggal 2023-02-20

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[4] Kata "Sosial" dan "Laba" di Pusat Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

  1. ^ Kompasiana.com, Falah, Sunan Amiruddin D (2022-11-21). "Sosialaba". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2023-02-20. 
  2. ^ Kompasiana.com, Falah, Sunan Amiruddin D (2022-12-02). "Sosialita 'Ngelaba atau Sosialaba 'Ngelita". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2023-02-20. 
  3. ^ Kompasiana.com, Falah, Sunan Amiruddin D (2023-01-13). "Sosialaba: Memanfaatkan Kedermawanan Lewat Buka Donasi atau Mengemis Online". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2023-02-20. 
  4. ^ "Kata "Sosial" dan "Laba"". kemdikbud. Diakses tanggal 2023-02-20.