Sony Ericsson Vivaz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sony Ericsson Vivaz

Sony Ericsson Vivaz (U5i, nama konsep: Kurara) adalah sebuah ponsel cerdas berbasis Symbian yang diumumkan oleh Sony Ericsson pada 21 Januari 2010[1] dan dirilis pada tanggal 5 Maret 2010 dengan skema warna Moon Silver, Cosmic Black, Galaxy Blue and Venus Ruby.

Ponsel ini ringkas dan fokusnya tersebar ke berbagai fungsi, fotografi, rekaman video HD, pemutaran musik, dan konektivitas internet. Kamera terletak di bagian belakang, bersama dengan lampu kilat LED. Ada empat tombol di salah satu bagian samping ponsel ini: satu untuk mengaktifkan fungsi kamera dan memulai / menghentikan perekaman video, satu untuk mengambil gambar setelah kamera diaktifkan, dan dua lainnya dalam bentuk rocker untuk kontrol volume / kamera zoom tergantung pada mode aktif. Bagian yang lain memiliki port USB Micro-B yang tertutup untuk mengisi dan menghubungkan ke komputer.

Bagian depan ponsel didominasi oleh layar sentuh resistif 3,2 inci (81 mm), dengan resolusi 360x640. Di bawah layar sentuh ada tiga tombol, hijau (kiri), putih (tengah) dan merah (kanan).

Dari segi perangkat lunak, Vivaz menggunakan sistem operasi Symbian (S60 series 5th Edition). Ponsel ini juga menggunakan layanan PlayNow, platform konten seluler Sony Ericsson. Selain konektivitas GPRS / UMTS / EDGE yang biasa, Vivaz juga memiliki Wi-Fi (standar b dan g) dan Bluetooth.

Sejak Juni 2010 Sony Ericsson Vivaz Pro (U8i) juga tersedia yang merupakan ponsel yang mirip dengan Vivaz, tetapi menggunakan keyboard QWERTY slide-out dan kamera 5 megapiksel.

Sony Ericsson Vivaz dan Satio adalah ponsel Sony Ericsson terakhir yang menjalankan Symbian. Setelah itu, semua ponsel cerdas Sony Ericsson menjalankan Android di bawah merek Xperia.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sony Press Announcement". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-26. Diakses tanggal 2020-06-09.