Social Sciences Citation Index

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Science Citation Index
ProduserThomson Reuters (Amerika Serikat)
Cakupan
DisiplinIlmu sosial
Kedalaman catatanIndeks & pengindeksan sitiran
Tautan

Social Sciences Citation Index (SSCI) adalah indeks sitiran interdisipliner, bagian dari Thomson Reuters' Healthcare & Science Division. Indeks ini dikembangkan oleh Institute for Scientific Information (ISI) dari Science Citation Index.

Pangkalan data sitiran ini mencakup 2.474 jurnal ilmu sosial tepercaya di dunia yang tersebar di lebih dari 50 disiplin ilmu.[1] Pangkalan data ini tersedia secara daring lewat Web of Science dan menyediakan informasi tentang artikel yang paling banyak dikutip berdasarkan penerbit dan penulisnya.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, ekonom Daniel B. Klein dan Eric Chiang melakukan survei terhadap Social Sciences Citation Index dan menemukan bias penolakan terhadap penelitian yang berorientasi pada pasar bebas. Selain bias ideologi, Klein dan Chiang juga menemukan sejumlah kekurangan metodologi yang memicu penghitungan sitiran secara berlebihan. Mereka berpendapat bahwa Social Sciences Citation Index tidak mampu menjamin kesesuaian dan keakuratan artikel.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Social Sciences Citation Index". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-31. Diakses tanggal 2008-06-11. 
  2. ^ Daniel Klein and Eric Chiang. The Social Science Citation Index: A Black Box—with an Ideological Bias? Econ Journal Watch, Volume 1, Number 1, April 2004, pp 134-165.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]