Soapy Smith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Soapy Smith
Smith di sebuah kedai di Skagway, Alaska, 1898
LahirJefferson Randolph Smith II
2 November 1860
Coweta County, Georgia, Amerika Serikat
Meninggal8 Juli 1898(1898-07-08) (umur 37)
Skagway, Alaska
Sebab meninggalLuka tembak
PekerjaanPenipu, gangster, penjudi, pemilik kedai
Suami/istriMary Eva Noonan
AnakJefferson Randolph Smith III, Mary Eva Smith, James Luther Smith
Orang tuaJefferson Randolph Smith I
Emily Dawson Edmondson

Jefferson Randolph "Soapy" Smith II (2 November 1860 – 8 Juli 1898) adalah seorang penipu dan gangster di kawasan Old West. Ia mendapatkan julukan "Soapy" (bersabun) karena ia pernah menipu kerumunan dengan membungkus beberapa batang sabun dengan berbagai macam uang kertas, dari satu dolar hingga seratus dolar. Ia lalu membungkusnya dengan kertas kosong agar uangnya tak terlihat, dan lalu ia mencampurnya dengan sabun yang dibungkus kertas tanpa ada uang sama sekali. Komplotannya lalu akan membeli satu batang, membuka bungkusannya, dan berteriak bahwa ia telah mendapatkan uang secara cuma-cuma. Akibatnya, banyak orang yang akan membeli batang sabun tersebut, dan di tengah-tengah penjualan, Smith akan mengumumkan bahwa uang seratus dolar masih ada di dalam tumpukan sabun yang dijual. Ia lalu akan melelang sabun-sabun yang tersisa dan menjualnya kepada penawar tertinggi.[1] Dengan melakukan manipulasi dan trik tangan, ia menyembunyikan sabun yang dibungkus uang dan menggantinya dengan sabun yang tidak ada uangnya. Sabun yang dibungkus uang "dimenangkan" oleh komplotannya agar banyak yang mau membeli sabunnya dengan harga yang lebih besar.

Walaupun ia melakukan penipuan di berbagai tempat di Amerika Serikat bagian barat, ia paling dikenal akan kegiatan kriminalnya di Denver dan Creede di Colorado serta di Skagway, Alaska, dari tahun 1879 hingga 1898. Di Denver, ia mengelola beberapa kedai, rumah judi, toko rokok, dan tempat pelelangan yang menipu pembelinya.

Ia menjemput ajalnya selama baku tembak di Juneau Wharf, Skagway.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, Jeff (2009). Alias Soapy Smith: The Life and Death of a Scoundrel, Klondike Research. hlm. 38–51. ISBN 0-9819743-0-9

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]