Snoker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Snoker adalah permainan yang dimainkan di meja persegi panjang dengan dasar kain hijau, dimana terdapat kantung di setiap sudut dan tengah sisi panjang meja. Pemain harus menggunakan tongkat khusus untuk mendorong bola putih, sehingga bola putih itu mengenai 21 bola berwarna sesuai aturan mainnya untuk mengumpulkan poin. Permainan (frame) dimenangkan pemain yang mengumpulkan poin terbanyak. Pertandingan dimenangkan oleh pemain yang memenangkan frame lebih banyak dari lawannya.

Olahraga ini mulai dimainkan di antara para perwira Angkatan Darat Britania Raya yang sedang bertugas di Etawah, India pada akhir abad ke-19[1] sebagai dampak dari renovasi permainan snoker pertama. Aturan itu ditetapkan oleh Neville Chamberlain yang juga memopulerkan permainan di kediamannya di Ooty sedini 1884.[2] Asal usul "snoker" itu sendiri adalah slang yang mengacu pada taruna tahun pertama dan anggota yang kurang terampil, tetapi nama tersebut sangat terkait dengan olahraga ini melalui penggunaan Chamberlain yang mengatakan ketidakmampuan salah satu rekannya bermain game.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Meja snoker dengan posisi bola awalnya. Bola Cue (putih) dapat ditempatkan dalam posisi apa pun di ruang semi-lingkaran atau "D".

Tujuan permainan ini adalah untuk mendapatkan lebih banyak poin dari lawan dengan memasukkan bola objek (bola merah dan berwarna lainnya) dalam urutan yang benar. Bola ditempatkan seperti yang ditunjukkan dalam diagram di awal permainan, dan pemain kemudian bergantian untuk mendorong bola menggunakan ujung tongkat untuk memasukkan salah satu bola merah ke dalam lubang kemudian untuk mendapatkan satu poin atau setidaknya menghindari membuat tembakan faul. Posisi memukul harus dalam keadaan dua kaki atau minimal satu kaki menyentuh lantai, tidak boleh kedua kaki terangkat dan tidak menyentuh lantai dan telungkup di atas meja, selain itu bagian tubuh dan pakaian juga tidak boleh menyentuh bola apapun yang ada di atas meja.

Jika pemain berhasil memasukkan bola merah, ia kemudian memilih salah satu dari enam bola berwarna (selain merah) untuk dimasukkan. Setelah itu, kembali memasukkan bola merah, dan memilih lagi bola berwarna (selain merah), begitu seterusnya hingga bola warna merah habis. Bola berwarna (selain merah) akan dikeluarkan kembali setiap kali telah dimasukkan dan diletakkan kembali pada tempatnya oleh wasit yang memimpin pertandingan, kecuali setelah bola merah habis.

Pada saat semua bola merah sudah habis dan hanya enam bola berwarna lainnya yang tersisa di atas meja. Saat ini bola berwarna harus dimasukkan dengan urutan poin terkecil:

  • kuning (dua poin);
  • hijau (3);
  • cokelat (4);
  • biru (5);
  • merah muda (6); dan akhirnya,
  • hitam (7).

Pemain dengan poin terbanyak akan menang.[3] Jika kedua pemain mencapai skor yang sama setelah semua bola dieliminasi, hanya bola hitam yang diletakkan di tempatnya oleh wasit, dan pemain berlomba memasukkannya, pemenangnya adalah yang berhasil memasukkan bola hitam tersebut.

Pemain juga dapat langsung menyerah jika sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengejar poin tanpa harus menyelesaikan semua bola. Pemain yang sedang memimpin, minimal harus hanya tersisa 1 bola hitam di atas meja, baru dapat menghentikan permainan dan menang, selama masih ada bola berwarna lainnya pemain lawan berhak untuk melanjutkan permainan walaupun sudah tidak mungkin lagi untuk mengejar poin lawannya. Akan tetapi dalam kejuaraan profesional, biasanya pemain yang sudah tertinggal jauh poinnya akan langsung menyerah dan tidak melanjutkan "frame" itu.

Jika dalam kondisi tertentu kedua pemain saling tempel menempel bola atau "buntu", hanya saling memukul pelan menempelkan bola putih ke bola merah begitu seterusnya, karena masing-masing pemain tidak mau mengambil risiko, maka kedua pemain biasanya sepakat untuk diadakan "re-rack", kemudian wasit akan menyusun kembali bola-bolanya dan mengulangi lagi frame tersebut dari awal, termasuk poin juga dihapus pada frame itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maume, Chris (25 April 1999). "Sporting Vernacular 11. Snooker". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 February 2017. Diakses tanggal 25 February 2007. 
  2. ^ Hughes-Games, Martin (16 June 2014). "Ooty, India: back in time to the birthplace of snooker". The Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 March 2017. Diakses tanggal 8 February 2017. 
  3. ^ "Official Rules of the Games of Snooker and English Billiards" (PDF). The World Professional Billiards & Snooker Association Limited. November 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 Maret 2016. Diakses tanggal 23 April 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]