Slavia Awal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suku Slavia awal merupakan kelompok bangsa Indo-Eropa yang hidup selama Zaman Migrasi dan Abad Pertengahan Awal, kira-kira dari abad ke-5 hingga ke-10 M, di Eropa Tengah, Timur, dan Tenggara, membentuk dasar bagi bangsa-bangsa Slavia melalui negara-negara Slavia pada Abad Pertengahan Awal dan Tinggi. Asal-usul tanah air asli Slavia masih menjadi perdebatan karena kurangnya catatan sejarah; namun, para sarjana meyakini bahwa tanah air tersebut berada di Eropa Timur, dengan Polesia menjadi lokasi yang paling umum diterima.

Secara umum, disepakati bahwa penulis Romawi kuno menyebut nenek moyang Slavia sebagai Venedi. Istilah proto-Slavia "Slav" berbagi akar dengan istilah Slavia untuk bahasa, kata, dan mungkin digunakan oleh orang Slavia awal untuk menyebut orang lain yang berbicara dalam bahasa serupa. Penggunaan tertulis pertama nama "Slavia" berasal dari abad ke-6, ketika suku-suku Slavia mendiami sebagian besar Eropa Tengah dan Timur. Pada saat itu, suku-suku nomaden yang berbicara bahasa Iran di Step Pontik Eropa telah diserap oleh populasi penutur bahasa Slavia di wilayah tersebut.

Dalam dua abad berikutnya, Slavia berkembang ke arah barat hingga sungai Elbe dan selatan ke arah Alpen serta Eropa Tenggara, menyerap suku-suku Iliria dan Trakia dalam prosesnya, dan juga bergerak ke timur menuju Sungai Volga. Antara abad ke-6 dan ke-7, sebagian besar Eropa dikuasai oleh Slavia, suatu proses yang kurang dipahami dan didokumentasikan daripada etnogenesis Jermanik di barat. Namun, dampak Slavifikasi jauh lebih mendalam.

Mulai abad ke-7, Slavia secara bertahap dibaptis menjadi agama Kristen, baik Ortodoksi Yunani maupun Katolik Roma. Pada abad ke-12, mereka menjadi populasi inti dari sejumlah negara Kristen abad pertengahan: Slavia Timur di Kievan Rus', Slavia Selatan di Kekaisaran Bulgaria, Kepangeranan Serbia, Kadipaten Kroasia, dan Banate Bosnia, serta Slavia Barat di Kepangeranan Nitra, Moravia Besar, Kadipaten Bohemia, dan Kerajaan Polandia. Kepangeranan Slavia tertua yang diketahui dalam sejarah adalah Carantania, didirikan pada abad ke-7 oleh Slavia Alpine Timur, nenek moyang orang Slovenia modern. Penyebaran Slavia di Alpen Timur mencakup Slovenia modern, Friuli Timur, dan sebagian besar Austria modern

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Nowakowski, Wojciech; Bartkiewicz, Katarzyna. "Baltes et proto-Slaves dans l'Antiquité. Textes et archéologie". In: Dialogues d'histoire ancienne, vol. 16, n°1, 1990. pp. 359–402. [DOI: https://doi.org/10.3406/dha.1990.1472];[www.persee.fr/doc/dha_0755-7256_1990_num_16_1_1472]