Skin-walker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam budaya Navajo, skin-walker (yee naaldlooshii) adalah tipe penyihir yang menggunakan ilmu hitam dan memiliki kemampuan untuk berubah bentuk, merasuki, atau menyamar sebagai binatang. Istilah ini tidak pernah digunakan untuk penyembuh.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Navajo, yee naaldlooshii diterjemahkan menjadi "berlalu, dia berjalan merangkak".[1] sementara mungkin variasi yang paling umum terlihat dalam fiksi horor oleh orang-orang non-Navajo, yee naaldlooshii menjadi salah satu dari beberapa jenis skin-walker dalam budaya Navajo; khususnya 'ánti'įhnii.

Penyihir Navajo, termasuk skin-walker, mewakili antitesis dari nilai-nilai budaya Navajo. Sementara penyembuh masyarakat dan pekerja budaya dikenal sebagai tabib laki-laki dan perempuan, atau dengan istilah positif lainnya dalam bahasa masyarakat Adat, penyihir dianggap jahat, melakukan upacara berbahaya dan manipulatif sihir dalam penyimpangan perbuatan baik orang pengobatan melakukan secara tradisional. Untuk mempraktikkan perbuatan baik mereka, tabib tradisional dapat belajar tentang sihir baik dan jahat, untuk melindungi diri dari kejahatan. Tapi orang yang memilih menjadi penyihir dianggap sama.[2]

Kisah skin-walker tidak dipahami dengan baik di luar budaya Navajo, baik karena keengganan untuk membicarakannya dengan orang luar,[3] serta apa yang akademik Adrienne Keene katakan bahwa kurangnya konteks budaya yang diperlukan di mana cerita-cerita itu tertanam di dalamnya.[4] Bangsa Navajo tradisional enggan mengungkapkan pengetahuan skin-walker kepada non-Navajo, atau mendiskusikannya sama sekali dengan orang yang tidak mereka percayai. Keene, pendiri situs web Native Appropriations, telah menulis sebagai tanggapan atas non-Navajo yang memasukkan legenda ke dalam tulisan mereka (dan khususnya dampak ketika J.K. Rowling melakukannya) bahwa ketika bukunya selesai, "Kami sebagai orang Pribumi sekarang terbuka untuk rentetan pertanyaan tentang kepercayaan dan tradisi ini... tetapi hal ini bukan hal yang perlu atau harus didiskusikan oleh orang luar. Tidak sama sekali. Maaf jika itu tampak 'tidak adil', tapi ini tentang bagaimana budaya kita bertahan."

Legenda[sunting | sunting sumber]

Hewan yang diasosiasikan dengan ilmu sihir biasanya termasuk penipu seperti coyote; namun, itu mungkin termasuk makhluk lain, biasanya yang terkait dengan kematian atau pertanda buruk. Mereka mungkin juga merasuki hewan atau manusia yang hidup dan berjalan di dalam tubuh mereka.[5][6][7] Skin-walker bisa laki-laki atau perempuan.

Kisah-kisah skin-walker yang diceritakan di antara anak-anak Navajo mungkin merupakan perjuangan hidup dan mati yang lengkap yang berakhir dengan skin-walker atau Navajo membunuh yang lain, atau sebagian cerita pertemuan yang berakhir dengan jalan buntu. Kisah pertemuan dapat disusun sebagai kisah kemenangan Navajo, dengan para pejalan kulit mendekati hogan yang ditakuti.[8]

Interpretasi non-Pribumi dari cerita skin-walker biasanya mengambil bentuk cerita pertemuan parsial di jalan, di mana protagonis untuk sementara rentan, tetapi kemudian melarikan diri dari skin-walker dengan cara yang tidak terlihat secara tradisional dalam cerita Navajo.[9][10] Terkadang anak-anak Navajo mengambil cerita rakyat Eropa dan mengganti skin-walker dengan pembunuh generik seperti The Hook.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wall, Leon and William Morgan, Navajo–English Dictionary. Hippocrene Books, New York, 1998. ISBN 0-7818-0247-4.
  2. ^ Kluckhohn, Clyde (1962). Navaho Witchcraft. Boston, Massachusetts: Beacon Press (Original from the University of Michigan). OCLC 1295234297. 
  3. ^ Hampton, Carol M. "Book Review: Some Kind of Power: Navajo Children's Skinwalker Narratives" in Western Historical Quarterly. 1 July 1986. Accessed 17 Nov. 2016.
  4. ^ Keene, Dr. Adrienne, "Magic in North America Part 1: Ugh." at Native Appropriations, 8 March 2016. Accessed 9 April 2016. Quote: "the belief of these things (beings?) has a deep and powerful place in Navajo understandings of the world. It is connected to many other concepts and many other ceremonial understandings and lifeways. It is not just a scary story, or something to tell kids to get them to behave, it’s much deeper than that."
  5. ^ Carter, J. (2010, October 28). The Cowboy and the Skinwalker. Ruidoso News.
  6. ^ Teller, J. & Blackwater, N. (1999). The Navajo Skinwalker, Witchcraft, and Related Phenomena (1st Edition ed.). Chinle, AZ: Infinity Horn Publishing.
  7. ^ Brady, M. K. & Toelken, B. (1984). Some Kind of Power: Navajo Children's Skinwalker Narratives. Salt Lake City, UT: University of Utah Press.
  8. ^ Salzman, Michael (October 1990). "The Construction of an Intercultural Sensitizer Training Non-Navajo Personnel". Journal of American Indian Education. 30 (1): 25–36. 
  9. ^ Brunvand, J. H. (2012). Native American Contemporary Legends. In J. H. Brunvand, Encyclopedia of Urban Legends (2nd Edition ed.). Santa Barbara, California, United States of America.
  10. ^ Watson, C. (1996, August 11). "Breakfast with Skinwalkers". Star Tribune.