Skandal Ibiza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Skandal Ibiza (bahasa Jerman: Ibiza-Affäre) adalah suatu skandal politik pada 2019 di Austria yang melibatkan Heinz-Christian Strache, Wakil Kanselir Austria dan pemimpin Partai Kemerdekaan Austria (Freiheitliche Partei Österreichs, FPÖ), serta Johann Gudenus, wakil pemimpin FPÖ. Skandal ini dipicu pada 17 Mei 2019 dengan terbitnya video suatu rapat pada Juli 2017 di Ibiza, Spanyol yang direkam secara diam-diam. [1] Pada video itu, Strache dan Gudenus tampak menerima proposal seorang perempuan yang mengklaim sebagai keponakan seorang anggota oligarki Rusia yang mengusulkan memberikan liputan berita positif bagi FPÖ dengan imbalan kontrak bisnis. Kedua politikus itu juga memberikan indikasi praktik korupsi politis lain yang melibatkan donor kaya raya untuk FPÖ dari Eropa dan dari berbagai tempat lain. Video itu juga membeberkan niat partai untuk menekan kebebasan pers di Austria dan upaya untuk mengubah tabloid beroplah terbesar, Kronen Zeitung, menjadi corong FPÖ. [2] Skandal ini menyebabkan runtuhnya koalisi pemerintahan Austria dan pengumuman penyelenggaraan pemilu awal legislatif Austria 2019. [3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staff (18 Mei 2019). "Austrian Government in Crisis as Nationalists Exposed in Video". France24. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  2. ^ Weise, Zia (17 Mei 2019). "Austrian far-right leader filmed offering public contracts for campaign support". Politico. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  3. ^ "Austria chancellor calls for snap election after corruption scandal". www.bbc.com. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]