Skamandros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Amarah Akhilles oleh Charles-Antoine Coypel (1737), memperlihatkan Akhilles yang sedang bertempur di sungai Skamandros. Dewa Skamandros digambarkan memegang guci dan dayung.

Dalam mitologi Yunani, Skamandros (bahasa Yunani: Σκάμανδρος) atau Xanthos (bahasa Yunani: Ξάνθος) adalah dewa sungai di Troya. Menurut Hesiodos, dia adalah putra Okeanos dan Tethis. Dia juga disebut sebagai putra Zeus. Dia beristrikan Idaia dan merupakan ayah Raja Teukros.

Skamandros memihak Troya pada Perang Troya,[1] setelah Akhilles mengotori air sungainya dengan mayat. Skamandros berusaha membunuh Akhiles tiga kali, tapi Akhilles diselamatkan berkat campur tangan Hera, Athena, dan Hefaistos.

Dia adalah personifikasi dari Sungai Karamenderes yang mengalir dari Gunung Ida melalui dataran Troya dan berujung di Hellespontos di sebelah utara kota. Menurut Homeros, pasukan Akhaia (Yunani) mendirikan kamp di mulut sungai ini, dan pertempuran mereka melawan pasukan Troya terjadi di daratan Skamandros. Sungai ini disebutkan memiliki dua mata air, yang satu menghasilkan air hangat, dan yang satu menghasilkan air dingin, tergantung musimnya.[2]

Menurut Homeros, Dia disebut Xanthos oleh para dewa dan disebut Skamandros oleh manusia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Homeros, 'Iliad XX, 73/74; XXI
  2. ^ Homeros, Iliad XXII 149ff

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tsotakou-Karveli. Lexicon of Greek Mythology. Athens: Sokoli, 1990.