Sixteen Candles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sixteen Candles adalah film remaja yang dirilis pada tahun 1984. Naskahnya ditulis sendiri oleh sang sutradara John Hughes. Film ini sering disebut-sebut sebagai awal dari munculnya gerakan film Brat Pack.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Plot[sunting | sunting sumber]

Samantha Baker, yang duduk di kelas 2 SMU, naksir berat pada Jake Ryan. Di saat pernikahan kakakknya, seluruh keluarga melupakan ulang tahunnya yang ke-16. Belum cukup buruk kejaian yang terjadi di hari itu, masih ditambah lagi dengan hadirnya seorang siswa pertukaran pelajar yang canggung, Long Duk Dong; Jake berkencan dengan ratu prom; dan seorang anak baru, Farmer Ted, yang mengejar-ngejar Samantha.

Ted sebenarnya bertaruh satu set floppy disk dengan teman-temannya, bahwa ia akan tidur dengan Samantha, dan akan membawa pakaian dalamnya sebagai bukti. Namun hal ini tidak berhasil setelah mereka justru hanya mengobrol. Tapi setelah saling mengenal lebih dekat, Samantha rela meminjami Ted pakaian dalamnya supaya Ted dapat memenangkan taruhan.

Ted beserta temannya, Bryce dan Cliff, mendatang sebuah pesta di rumah Jake. Setelah pesta usai, Jake menemukan Ted terperangkap di bawah meja. Mereka akhirnya berbincang-bincang dan Ted menceritakan tentang ketertarikan Samantha pada Jake, bahkan memberikan pakaian dalam Samantha kepada Jake. Sebagai gantinya, Jake meminjamkan mobilnya kepada Ted, sekaligus pacarnya yang sedang mabuk. Setelah menghabiskan malam yang ‘liar’Ted dan Caroline terbangun keesokan harinya di kursi belakang sebuah Rolls Royce yang diparkir di pelataran gereja.

Sementara itu, keluarga Samantha meminta maaf telah melupakan ulang tahunnya. Seusai upacara perkawinan Ginny, ketika Samantha keluar dari gereja, ia melihat Jake tengah bersandar di Porsche-nya dan melambai kepadanya.

Di akhir cerita, tampak Jake dan Samantha tengah menyalakan lilin di atas kue ulang tahun. Jake memintanya membuat sebuah permohonan, dan dijawab Samantha bahwa permohonannya sudah menjadi kenyataan.


Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Sixteen Candles melejitkan karier pemainnya, Molly Ringwald, Anthony Michael Hall, John Cusack, dan Joan Cusack, demikian juga dengan karier sutradaranya, Hughes. Beberapa aktor muda ini menjadi anggota “Brat Pack” dan kemudian membintangi film-film lain, yang kebanyakan disutradari oleh Hughes

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Ringwald mengatakan bahwa ia mempertimbangkan untuk membintangi sekuel film ini.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Plat nomer mobil Jake “21850”, adalah tanggal lahir sutradara John Huges (18 Februari 1950.
  • Film ini mengambil lokasi syuting di SMU Niles East, Skokie, Illinois. Beberapa murid di pesta mengenakan jaket dan kaos Niles East Trojan.
  • Molly Ringwald hampir kehilangan perannya sebagai ‘Samantha’ dari Ally Sheedy.
  • Ketika Molly Ringwald dan Anthony Michael Hall pertama kali bertemu, mereka sama sekali tidak cocok. John Hughes membawa mereka berbelanja di toko kaset dan menyadari bahwa ternyata mereka memiliki selera musik yang sama dan akhirnya mereka pun bisa rukun.