Situs Arca Ganesha Dawangsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Situs Arca Ganesha Dawangsari merupakan sebuah situs arkeologi atau sejarah yang berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Situs ini merupakan peninggalan Kedatuan Medang i Bhumi Mataran Kuno. Ada sebuah arca ganesha berukuran besar berada di sini, tetapi sudah aus dan kepalanya hilang.

Arca[sunting | sunting sumber]

Situs ini berlokasi 450 meter dari utara Candi Dawangsari dan 550 meter dari Candi Barong serta berada pada ketinggian 240 mdpl. Ada satu arca ganesha berukuran besar menghadap ke arah barat. Arca ini langsung dipahat dari sebuah batu kapur. Meski arca ganesha ini sekarang sudah sangat aus dan kepalanya hilang, masih terlihat jelas bagian kaki, perut, sabuk, dan belalainya. Tinggi arca ini adalah 1,75 meter tanpa pedestal atau dudukan, sedangkan jika dengan pedestal menjadi 2,5 meter. Ganesha ini memiliki panjang dan lebar sekitar 2,5 meter.[1] Karena terdapat arca Ganesha, maka situs ini adalah situs agama Hindu.[2]

Inskripsi[sunting | sunting sumber]

Sebuah inskripsi atau Prasasti Dawangsari bertahun 856 M juga pernah ditemukan di Dusun Dawangsari. Hanya saja tidak diketahui apakah inskripsi itu ditemukan dekat arca Ganesha atau justru dekat Candi Dawangsari atau Candi Barong.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Annosmile. "Situs Arca Ganesha Di Rerimbunan Semak Dawangsari Sleman". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-18. Diakses tanggal 18 Februari 2020. 
  2. ^ a b Degroot, Véronique Myriam Yvonn (2009). Candi, space and landscape : a study on the distribution, orientation and spatial organization of Central Javanese temple. Leiden: Leiden University (PhD thesis). hlm. 252.