Sister Cities International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sister Cities International
Sister Cities International logo.jpg
SingkatanSCI
Tanggal pembentukan1956
TujuanMenciptakan dan mempererat kerjasama antara masyarakat A.S. dan internasional
Kantor pusat1301 Pennsylvania Ave. NW, Suite 850.
Washington, DC 20004
Situs webwww.sister-cities.org

Sister Cities International adalah sebuah jaringan diplomasi masyarakat nirlaba yang menciptakan dan mempererat kerja sama antara komunitas Amerika Serikat dan internasional. Lebih dari 2.000 kota, negara bagian dan county bekerja sama dengan 136 negara di seluruh dunia.[1] Organisasi ini "berusaha membangun kerjasama global di tingkat kotamadya, mempromosikan pemahaman budaya dan mendorong pembangunan ekonomi”.[2]

Sebagai organisasi resmi yang menghubungkan yurisdiksi dari A.S. dengan komunitas di seluruh dunia, Sister Cities International mengakui, mendaftarkan, dan mengkoordinasikan hubungan antar kota, county, munisipalitas, oblast, prefektur, provinsi, region, negara bagian, kota kecil, dan desa kembar.

Program kota kembar A.S. berawal pada tahun 1956 ketika Presiden Dwight D. Eisenhower mencetuskan insiatif diplomasi masyarakat rakyat-ke-rakyat. Awalnya merupakan bagian dari National League of Cities, Sister Cities International menjadi organisasi nirlaba terpisah pada tahun 1967 karena pertumbuhan dan popularitas programnya yang luar biasa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]