Sistem Satelit Navigasi BeiDou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Coverage polygon of BeiDou-1.
Coverage polygon of BeiDou-2 in 2012.
Sejumlah satelit navigasi yang diluncurkan pada tahun 2014

Sistem Satelit Navigasi BeiDou atau BeiDou Navigation Satellite System( BDS , bahasa Cina yang disederhanakan : 北斗卫星导航系统 ; bahasa Cina tradisional : 北斗衛星導航系統 ; pinyin : Běidǒu wèixīng dǎoháng xìtǒng ) adalah sistem navigasi satelit China. Sistem ini terdiri dari dua rasi bintang satelit yang terpisah yang merupakan sebuah sistem uji terbatas yang telah beroperasi sejak tahun 2000, dan sistem navigasi global skala penuh yang saat ini sedang dibangun.

Sistem BeiDou pertama, yang secara resmi disebut Sistem Eksplorasi Navigasi BeiDou Satellite (bahasa China yang disederhanakan: Cina tradisional: 北斗衛星導航試驗系統 ; pinyin: Běidǒu wèixīng dǎoháng shìyàn xìtǒng) dan juga dikenal sebagai BeiDou-1, terdiri dari tiga satelit dan menawarkan cakupan terbatas dan aplikasi. Telah menawarkan layanan navigasi, terutama untuk pelanggan di China dan negara-negara tetangga, sejak tahun 2000.

Generasi kedua dari sistem ini, yang secara resmi disebut BeiDou Navigation Satellite System (BDS) dan juga dikenal sebagai COMPASS atau BeiDou-2, akan menjadi sistem navigasi satelit global yang terdiri dari 35 satelit, dan sedang dibangun mulai Januari 2015. Ini mulai beroperasi di China pada bulan Desember 2011, dengan 10 satelit digunakan, dan mulai menawarkan layanan kepada pelanggan di kawasan Asia Pasifik pada bulan Desember 2012. Maskapai ini direncanakan untuk mulai melayani pelanggan global pada saat selesai pada tahun 2020. Pada tahun 2015, China memulai pembangunan sistem BeiDou generasi ketiga (BDS-3) di konstelasi cakupan global. Satelit BDS-3 pertama diluncurkan 30 Maret 2015. Pada bulan Februari 2016, lima satelit validasi BDS-3 in-orbit telah diluncurkan.

Menurut China Daily, lima belas tahun setelah sistem satelit diluncurkan, sekarang menghasilkan omset $ 31,5 miliar per tahun untuk perusahaan besar seperti China Aerospace Science and Industry Corp, AutoNavi Holdings Ltd, dan China North Industries Group Corp. BeiDou telah digambarkan sebagai sistem navigasi satelit potensial untuk menyalip GPS dalam penggunaan global, dan diharapkan lebih akurat daripada GPS setelah selesai sepenuhnya. Generasi ketiga BeiDou saat ini mengklaim mencapai akurasi tingkat milimeter (dengan pemrosesan pasca), yang sepuluh kali lebih akurat daripada tingkat GPS terbaik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]