Singsot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Singsot
Poster film
SutradaraWahyu Agung Prasetyo
ProduserElena Rosmeisara
Ditulis olehWahyu Titis Dwirani
PemeranNaufal Rafa Adyaksa, Anton Suprapto, Indarwati, Budi Arifianto
Penata musikPandu Maulana
SinematograferEgha Harismina
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
Durasi14 menit 8 detik
NegaraIndonesia
BahasaJawa

Singsot merupakan film pendek yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo dan diproduseri oleh Elena Rosmeisara. Film yang berdurasi 14 menit ini berlatar syuting di Yogyakarta dan berdasarkan judulnya 'singsot' artinya bersiul dalam bahasa Jawa. Film yang diproduksi oleh Ravacana Films ini berhasil memperoleh beberapa penghargaan seperti Film Horor Terbaik Taman Festival Bandung 2017 dan Film Terbaik Fiagra Horror Film Festival 2016.[1][2]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Singsot menceritakan kisah seorang anak laki-laki bernama Pulung yang sedang menginap di rumah kakek dan neneknya. Sang nenek memberikan nasihat bahwa tidak boleh bersiul di malam hari. Bersiul di malam hari dipercaya akan mengundang kehadiran makhluk halus. Rupanya Pulung tidak mendengarkan perkataan neneknya. Ia tetap bersiul sambil bermain dengan burung kakeknya. Malam itu juga nenek dan kakeknya pergi ke acara hajatan tetangga. Pulung memutuskan untuk tidak ikut dan tinggal di rumah saja. Namun, ternyata kejadian menyeramkan terjadi selama ia sendirian di rumah. Pulung mengalami mimpi bertemu dengan makhluk halus, sehingga ia menjadi sangat ketakutan. Sejak kejadian horor itu ia tidak berani lagi untuk bersiul.[3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Naufal Rafa Adyaksa sebagai Pulung
  • Anton Suprapto sebagai kakek
  • Indarwati sebagai nenek
  • Budi Arifianto sebagai pencuri

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wijana, Eleonora Padmasta Ekaristi (2020-09-18). "Viral Film Pendek Singsot Buatan Jogja, Kenalkan Mitos Horor di Jawa". Suara.com. Diakses tanggal 2021-05-29. 
  2. ^ Ningsih, Widya Lestari (2020-08-21). Imanda, Biru Cahya, ed. "Selain Tilik, 7 Rekomendasi Film Pendek Karya Ravacana Ini Juga Menarik Ditonton". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-05-29. 
  3. ^ Update, Berita. "Nonton Film Gratis: Singsot, Horor Indonesia yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri!". Kumparan. Diakses tanggal 2021-05-29. 
  4. ^ "Singsot Film Pendek Horor Tentang Sebuah Mitos Siul di Jawa". Tirto.id. Diakses tanggal 2021-05-29. 
  5. ^ "Singsot | Ravacana Films" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]