Singapura pada Olimpiade Musim Panas 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Singapura pada
Olimpiade Musim Panas 2012
Flag of Singapore.svg
Kode IOCSIN
KONDewan Olimpiade Nasional Singapura
Situs webwww.singaporeolympics.com
Penampilan pada Olimpiade Musim Panas 2012 di London
Peserta23 dalam 9 cabang olahraga
Pembawa benderaFeng Tianwei (pembukaan)
Colin Cheng (penutupan)
Medali
Peringkat ke-75
Medali Emas
0
Medali Perak
0
Medali Perunggu
2
Total
2
Penampilan pada Olimpiade Musim Panas (ringkasan)
Penampilan terkait lainnya
Bendera Malaysia Malaysia (1964)

Singapura berkompetisi pada Olimpiade Musim Panas 2012 di London, dari 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Ini adalah penampilan kelima belas dari negara tersebut di Olimpiade, kecuali dua edisi berbeda. Singapura menjadi bagian dari tim Malaysia pada Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo, namun tak hadir di Olimpiade Musim Panas 1980 di Moskwa, karena dukungannya terhadap pemboikotan Amerika Serikat.

Dewan Olimpiade Nasional Singapura mengirim total 23 atlet untuk Permainan tersebut, 8 putra dan 15 putri, untuk berkompetisi dalam 9 olahraga.[1] Untuk kedua kalinya dalam sejarah Olimpiade-nya, Singapura lebih banyak diwakili oleh atlet-atlet putri ketimbang atlet-atlet putra. Tujuh atlet Singapura berkompetisi di Beijing, termasuk perenang Tao Li, yang meraih peringkat kelima dalam lomba gaya kupu-kupu putri. Diantara olahraga yang dimainkan oleh para atlet, Singapura juga menandai debut Olimpiadenya dalam kano sprint dan senam artistik.

Ini adalah Olimpiade paling sukses dari Singapura usai memenangkan dua medali perunggu dalam bidang tenis meja. Feng Tianwei, yang meraih medali perunggu untuk lomba tunggal putri, menjadi atlet Singapura pertama yang memenangkan medali individual sejak 1960.[2] Feng juga memimpin rekan-rekannya Li Jiawei dan Wang Yuegu untuk meraih medali perunggu Olimpiade lainnya untuk Singapura untuk lomba tim putri melawan Korea Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "No hurdle too high". asiaone. 20 July 2012. Diakses tanggal 3 August 2012. 
  2. ^ "Feng Tianwei wins table tennis bronze for Singapore". asiaone. 1 August 2012. Diakses tanggal 3 August 2012. 

Templat:Negara pada Olimpiade Musim Panas 2012