Sinema Nigeria Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sinema Nigeria Baru atau era Sinema Nigeria Baru (juga dikenal sebagai Arus Baru[1][2] atau kontroversial sebagai Nollywood Baru[3][4]) adalah fase muncul dalam sinema Nigeria, di mana terjadi pergeseran utama dalam metode produksi film. Film-film dalam Arus Baru dicirikan oleh kompleksitas naratif yang lebih baik, nuansa estetika, anggaran yang jauh lebih tinggi, dan nilai produksi keseluruhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan film video generasi sebelumnya. Mereka sebagian besar dirilis secara teatrikal, meskipun beberapa masih dirilis langsung dalam format DVD.

Sejak awal tahun 2000-an, beberapa diskusi dan konferensi diadakan untuk menghidupkan kembali industri film Nigeria dan membawa lebih banyak profesionalisme. Pada pertengahan 2000-an, sinema Nigeria baru muncul dengan rilis film seperti Irapada (2006) dan The Amazing Grace (2006). The Figurine (2009) karya Kunle Afolayan dianggap sebagai film pembeda yang meningkatkan perhatian media terhadap revolusi "Sinema Nigeria Baru" karena kesuksesannya secara kritis dan komersial di Nigeria serta penayangan di festival film internasional terkemuka.

Beberapa tahun setelah awal tahun 2000-an, Nigeria mulai mengalami pertumbuhan bioskop, yang awalnya ditujukan untuk kelas menengah dan atas. Silverbird Group adalah perusahaan pertama yang meluncurkan serangkaian bioskop modern di berbagai kota Nigeria, terutama di daerah dan distrik berkecukupan. Itu meluncurkan rantai bioskopnya pada tahun 2004, dimulai dengan Silverbird Galleria di Victoria Island, Lagos. Tak lama setelah pendirian bioskop Silverbird, Genesis Deluxe Cinemas dan Ozone Cinemas juga diluncurkan, menciptakan persaingan dalam bisnis bioskop. Lebih jauh, pada tahun 2010-an, Film House Cinemas dan Viva Cinemas juga masuk ke dalam gambar, menyebabkan ketersediaan bioskop yang lebih luas di negara tersebut, dan yang lebih penting, ketersediaan di luar lingkungan kaya.

Sejak tahun 2006, telah ada beberapa dana "Proyek Nollywood" dari Pemerintah Nigeria, yang diberikan kepada pembuat film untuk membantu produksi film berkualitas tinggi, serta infrastruktur distribusi yang baik di seluruh negeri. Dana tersebut juga digunakan untuk membantu lebih banyak pembuat film Nigeria untuk mendapatkan pelatihan formal di sekolah film. Hingga tahun 2020, film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah film kontemporer Nigeria adalah Omo Ghetto: The Saga (2020), yang meraup sekitar ₦636 juta. Pada tahun 2013, sinema Nigeria dinilai sebagai industri film terbesar ketiga di dunia berdasarkan nilainya dan pendapatan keseluruhan yang dihasilkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Majek, Susan (6 August 2013). "Interview: Lonzo Nzekwe Talks 'Anchor Baby,' Truth In Cinema, The New Nollywood & More..." IndieWire. Shadow and Act. Diakses tanggal 20 March 2013. 
  2. ^ Curry, Neil (19 November 2010). "'New Nigeria Cinema' sparks Nollywood renaissance". CNN. CNN. Diakses tanggal 20 March 2015. 
  3. ^ Vourlias, Christopher (14 December 2014). "Hooray for Nollywood: Nigerian film industry raises the artistic bar". Aljazeera. Aljazeera America. Diakses tanggal 17 February 2015. 
  4. ^ Leu, Bic (14 January 2011). "Nollywood goes for new models to curb piracy". The Guardian Newspaper. Finding Nollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 11 March 2015.