Sindrom aksen asing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sindrom aksen asing adalah gangguan yang timbul akibat area kemampuan bicara di otak telah terluka. Kerusakan itu menyebabkan proses lambat dalam berbicara, termasuk membuka mulut dan memproduksi suara.

Dr. Karen Croot, pengajar di Universitas Sydney, mengatakan cedera pada bagian otak tersebut juga membuat pola pengenalan bahasa jadi berantakan. Setting kemampuan bicara sebenarnya akhirnya tumpang tindih dengan aksen lain yang dikenal.

Kelainan ini dialami setidaknya 70 orang di seluruh dunia.

Salah satu kasusnya adalah Leanne Rowe asal Tasmania yang mengaku fasih berbicara dengan logat Perancis sejak mengalami kecelakaan 8 tahun lalu. Sedangkan seorang bocah 13 tahun tiba-tiba berbicara dengan aksen Amerika setelah terkena benturan hebat di sebuah kecelakaan lalu lintas. Kemampuan asing tersebut bertahan selama 5 bulan kemudian menghilang dalam semalam.

Hal itu juga dialami penyanyi George Michael berbicara logat lain setelah terbangun dari koma. Sarah Colwill dari Inggris juga tiba-tiba bisa beraksen China padahal tak pernah ke negara tersebut. Kay Russell mengalami perubahan aksen setelah menderita beberapa kali migrain parah.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Dankovičová J, Gurd JM, Marshall JC, MacMahon MKC, Stuart-Smith J, Coleman JS, Slater A. Aspects of non-native pronunciation in a case of altered accent following stroke (foreign accent syndrome). Clinical Linguistics and Phonetics 2001;15:195-218.
  • PMID 3399041 (PubMed)
    Citation will be completed automatically in a few minutes.

Jump the queue or expand by hand

Jump the queue or expand by hand

Pranala luar[sunting | sunting sumber]