Simpai udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertunjukan simpai udara

Simpai udara (juga dikenal sebagai lyra, cincin udara atau cerceau / cerceaux ) adalah peralatan baja melingkar (menyerupai hulahop ) yang digantung di langit-langit, tempat seniman sirkus dapat melakukan akrobat udara. Dapat digunakan secara statis, berputar, atau berayun. Trik yang dapat dilakukan antara lain Candlestick, Bird's Nest dan Crescent Moon [1]

Koneksi[sunting | sunting sumber]

Kait adalah titik sambungan tempat lingkaran udara menempel pada tali-temali . Kebanyakan lingkaran udara terhubung pada satu titik (konfigurasi tab tunggal) atau dua titik (konfigurasi tab ganda). Jumlah kait yang dimiliki lingkaran udara akan bergantung pada cara penggunaannya, efek yang diinginkan, dan tingkat kenyamanan pemain.

  • Kait simpai ganda yang digantung pada dua titik (dengan jarak yang sama atau lebih lebar dengan tab pada lingkaran) akan berayun seperti trapeze (atau ayunan anak-anak) dan tidak berputar.
  • Kait simpai ganda dihubungkan ke satu titik udara, lingkaran tersebut dapat berputar dan berayun dalam bidang multi-sumbu yaitu ayunan pendulum atau pola penerbangan melingkar.
  • Semua kait simpai ganda memiliki kemampuan untuk berengsel dari titik tab ketika artis menggantung dari bagian atas lingkaran membuat gaya ini sangat berbeda dalam kapasitas akrobatik dibandingkan lingkaran tab tunggal.
  • Kait tunggal yang digantung pada satu titik dapat berputar, dan berayun sepanjang lebih dari satu sumbu, yaitu ayunan pendulum atau pola penerbangan melingkar.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Simpai udara bisa berongga atau padat. Simpai yang lebih ringan akan lebih mudah berputar; begitu lingkaran padat mendapat momentum, lingkaran itu akan tetap berputar lebih lama. Terkadang simpai udara memiliki palang atau lingkaran tangan atau kaki untuk membantu pemainnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Circus Dictionary". National Institute of Circus Arts. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 October 2009. Diakses tanggal October 1, 2009.