Lompat ke isi

Siksik jagung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siksik jagung
Emberiza calandra Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Male singing in Dorset, England. Recorded by Lawrence Shove.
Rekaman
Edit nilai pada Wikidata
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22721020 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliEmberizidae
GenusEmberiza
SpesiesEmberiza calandra Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonMiliaria calandra (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Edit nilai pada Wikidata

Siksik jagung ( Emberiza calandra ) adalah burung pengicau dalam keluarga siksik Emberizidae, kelompok yang sekarang dipisahkan oleh sebagian besar penulis modern dari pipit, Fringillidae. Ini adalah burung bunting besar dengan bulu berwarna coklat kekuningan yang bergaris-garis. Jenis kelaminnya serupa tetapi jantannya sedikit lebih besar dari betina. Jangkauannya meluas dari Eropa Barat dan Afrika Utara hingga ke barat laut Tiongkok.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Di Turki

Ini adalah siksik yang tidak biasa karena bulu kedua jenis kelamin memiliki penampilan yang mirip, meskipun jantan kira-kira 20% lebih besar dari betina. Siksik yang tergolong besar ini berukuran 16–19 panjangnya cm, dengan mata yang sangat gelap dan rahang bawah kekuningan. Pejantan tidak memiliki warna yang mencolok, terutama di kepala, yang merupakan ciri khas dari genus Emberiza . Kedua jenis kelamin terlihat seperti branjangan, dengan garis abu-abu kecokelatan di bagian atas dengan bagian bawah berwarna keputihan. Bagian bawahnya bergaris-garis di bagian panggul dan dada, dan bentuk guratan-guratan itu menutupi sekitar tenggorokan. Bulu sayap kecil berwarna gelap dan berujung putih. Ekornya berwarna coklat polos. [2]

Nyanyian pejantan merupakan bunyi metalik yang berulang-ulang, biasanya diibaratkan seperti gemerincing kunci, yang dihasilkan dari semak rendah, tiang pagar, atau kabel telepon.

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Ia berkembang biak di Eropa bagian selatan dan tengah, Afrika utara dan Asia hingga ke Kazakhstan . Burung ini sebagian besar merupakan penduduk, tetapi beberapa burung dari daerah yang lebih dingin di Eropa Tengah dan Asia bermigrasi ke selatan pada musim dingin.

Siksik jagung adalah burung di daerah terbuka dengan pepohonan, seperti lahan pertanian dan lahan terlantar yang kurus. Jumlah ini telah menurun drastis di Eropa barat laut karena praktik pertanian intensif yang mengurangi pasokan makanan berupa benih gulma dan serangga, yang sangat penting untuk memberi makan anak-anaknya. Baru-baru ini telah punah di Wales dan Irlandia, tempat yang sebelumnya merupakan tempat umum.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Makanan alaminya sebagian besar terdiri dari biji-bijian tetapi juga termasuk serangga seperti jangkrik, terutama saat memberi makan anak-anaknya.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Jantan mempertahankan wilayah pada musim kawin dan dapat berpoligini, dengan maksimal tiga betina untuk setiap jantan yang sedang berkembang biak. Rasio jenis kelamin populasi umumnya 1:1, yang berarti beberapa pejantan tetap tidak kawin selama satu musim. Pejantan hanya memainkan peran kecil dalam pengasuhan orang tua; mereka tidak terlibat dalam pembangunan sarang atau inkubasi, dan hanya memberi makan anak-anak burung ketika mereka sudah dewasa.

Sarangnya terbuat dari rumput, dilapisi rambut atau rumput halus, dan biasanya dibangun di atas tanah. Satu sarang rata-rata berisi empat telur, tetapi biasanya bervariasi dari tiga hingga lima, kadang-kadang enam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Emberiza calandra". 2019: e.T22721020A155499724. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22721020A155499724.en. 
  2. ^ "Corn Bunting Emberiza calandra". Bird Field Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2017. Diakses tanggal 21 November 2017.