Sikhisme di Pakistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sikh Pakistan
Inside view of the entrance.jpg
Gurdwara Janam Asthan
Total populasi
450000[1]
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Lahore · Islamabad · Peshawar · Faisalabad · Rawalpindi • Narowal  · Nankana Sahib · Hasan Abdal
Bahasa
Punjabi

Sikhisme memiliki sejarah yang panjang di Pakistan, walaupun jumlah orang Sikh di negara tersebut saat ini relatif sedikit. Sebagian besar orang Sikh di Pakistan tinggal di provinsi Punjab dan kota Peshawar di Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa. Nankana Sahib (tempat kelahiran pendiri Sikhisme, Guru Nanak Dev Ji) terletak di provinsi Punjab.

Pada abad ke-18 dan ke-19, Sikhisme menjadi kekuatan politik yang besar. Ranjit Singh mendirikan Kekaisaran Sikh yang pertama yang beribu kota di Lahore, kota terbesar kedua di Pakistan saat ini. Banyak orang Sikh pada masa itu yang tinggal di kota-kota terbesar di Punjab, seperti Lahore, Rawalpindi, dan Faisalabad. Setelah kemerdekaan Pakistan pada tahun 1947, orang Hindu dan Sikh di Pakistan pindah ke India.

Orang Sikh yang tersisa di Pakistan membentuk Komite Sikh Gurdwara Prabandhak Pakistan yang bertujuan untuk mewakili komunitas Sikh dan melindungi tempat-tempat suci Sikh. Pemerintah Pakistan juga mulai mengizinkan orang Sikh dari India untuk berziarah ke tempat-tempat ibadah Sikh di Pakistan dan juga memperbolehkan orang Sikh Pakistan pergi ke India.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]