Sierra Bermeja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sierra Bermeja adalah rangkaian pegunungan di barat daya Puerto Rico. Pegunungan ini membentuk batas selatan Lajas Valley dan berbatasan dengan La Parguera di pantai Laut Karibia. Pegunungan ini membentang dari munisipalitas Cabo Rojo di barat hingga Lajas di timur. Pegunungan ini terdiri dari kombinasi batuan vulkanik yang sepenuhnya dilintasi oleh patahan serpentinit dan amfibolit, yang mungkin merupakan batuan tertua yang diketahui di Puerto Rico. Pegunungan ini digunakan oleh orang Taíno sebagai tempat perlindungan dari Spanyol, dan kemudian oleh penyelundup selama penjajahan Spanyol.

Sierra Bermeja merupakan tempat bersarang banyak spesies yang mencari makan di Laguna Cartagena. Pegunungan ini termasuk salah satu dari sedikit daerah berhutan di dataran pantai barat daya yang dicirikan oleh kekeringannya. Sebagai hasilnya, Sierra menyediakan kebutuhan untuk sejumlah besar satwa liar yang hidup di area ini, banyak di antaranya terancam punah.

Pada tahun 2015, para relawan mencari meteorit di area ini yang, menurut NASA, mungkin telah jatuh di Sierra Bermeja. Pembangunan di daerah tersebut telah menjadi ancaman bagi area ini, meskipun merupakan salah satu daerah alami paling penting di Puerto Rico. Pada bulan Juni 2018, dana dialokasikan untuk universitas di Puerto Rico untuk digunakan dalam penelitian wilayah Sierra Bermeja. Legenda setempat mengenai daerah tersebut menyatakan bahwa ada pangkalan UFO rahasia di beberapa tempat di Sierra Bermeja.

Upaya konservasi telah berlangsung, dipimpin oleh US Fish and Wildlife dan pemilik tanah. Titik tertinggi dari rangkaian ini terletak di Cerro Mariquita di dalam munisipalitas Cabo Rojo.