Sidang Kementerian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Theodor von Hornbostel bersaksi untuk penuntutan selama Pengadilan Kementerian

Pengadilan Kementerian (atau, secara resmi, Amerika Serikat vs. Ernst von Weizsäcker, et al.) adalah yang kesebelas dari dua belas persidangan kejahatan perang yang diadakan oleh otoritas AS di zona pendudukan mereka di Jerman di Nuremberg setelah berakhirnya Perang Dunia. Perang II. Kedua belas persidangan ini semuanya diadakan di hadapan pengadilan militer AS, bukan di hadapan Pengadilan Militer Internasional, namun berlangsung di ruangan yang sama di Istana Kehakiman. Dua belas persidangan di AS secara kolektif dikenal sebagai "Pengadilan Nuremberg Berikutnya" atau, lebih formalnya, sebagai "Pengadilan Penjahat Perang di hadapan Pengadilan Militer Nuremberg" (NMT).

Kasus ini juga dikenal sebagai Pengadilan Wilhelmstrasse, dinamakan demikian karena Reich Chancellery dan Kementerian Luar Negeri Jerman berlokasi di Wilhelmstrasse, sebuah jalan di Berlin yang sering digunakan sebagai metonim untuk administrasi pemerintahan Jerman secara keseluruhan. Para terdakwa dalam kasus ini adalah pejabat dari berbagai kementerian Reich, yang menghadapi berbagai dakwaan atas peran mereka di Nazi Jerman dan dengan demikian partisipasi atau tanggung jawab mereka atas berbagai kekejaman yang dilakukan baik di Jerman maupun di negara-negara pendudukan selama perang.

Hakim dalam kasus ini, yang disidangkan di hadapan Pengadilan Militer VI, adalah William C. Christianson (hakim ketua) dari Minnesota Robert F. Maguire dari Oregon dan Leon W. Powers dari Iowa. Kepala Penasihat Penuntut adalah Telford Taylor; kepala jaksa adalah Robert Kempner. Dakwaan diajukan pada tanggal 15 November 1947; sidang berlangsung dari 6 Januari 1948 sampai 18 November tahun itu. Lima bulan kemudian, pada 11 April 1949, para hakim menyampaikan putusan setebal 833 halaman. Hukuman dijatuhkan pada tanggal 13 April 1949. Dari kedua belas persidangan, persidangan ini adalah yang paling lama dan berakhir terakhir. Dari 21 terdakwa yang didakwa, dua orang dibebaskan, dan 18 lainnya dinyatakan bersalah atas setidaknya satu dakwaan dan menerima hukuman penjara mulai dari tiga tahun hingga 25 tahun. Selain itu, salah satu terdakwa, Ernst Wilhelm Bohle, mengaku bersalah, menjadi satu-satunya terdakwa yang melakukan hal tersebut dalam Pengadilan Nuremberg Berikutnya.

Dakwaan[sunting | sunting sumber]

Telford Taylor menyampaikan pernyataan pembukaan jaksa.

Semua terdakwa didakwa setidaknya atas satu dari tujuh dakwaan:

Hitungan 1: Kejahatan terhadap perdamaian

Hitungan 2: Ikut serta dalam rencana bersama atau konspirasi untuk melakukan kejahatan yang disebutkan di atas (kemudian dibatalkan oleh NMT di semua persidangan)

Hitungan 3: Kejahatan perang terhadap tawanan perang

Hitungan 4: Kejahatan terhadap kemanusiaan melalui kekejaman terhadap warga negara Jerman atas dasar politik, ras, dan agama antara tahun 1933 dan 1939 (hitungan dihilangkan)

Hitungan 5: Kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui kekejaman terhadap penduduk sipil

Hitungan 6: Kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui penjarahan dan perampasan wilayah pendudukan

Hitungan 7: Kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui perbudakan dan deportasi tahanan kamp konsentrasi dan warga sipil di negara-negara pendudukan untuk dijadikan pekerja paksa

Hitungan 8: Keanggotaan dalam organisasi kriminal, NSDAP dan SS

Referensi[sunting | sunting sumber]