Shirva, India

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shirva(ಶಿರ್ವ)
town, village
Julukan: 
manchakal
Country India
StateKarnataka
DistrictUdupi
Bahasa
 • ResmiTulu,Kannada
Zona waktuUTC+5:30 (IST)
Pelat kendaraanKA 20
Kota terdekatUdupi

Shirva adalah sebuah desa di taluk Udupi, distrik Udupi, Karnataka, India. Desa tersebut dikenal karena penanaman bunga-nya, khususnya melati, yang disebut Mallige dalam bahasa Tulu, Kannada, Byari, Konkani, Hindi dan Inggris yang digunakan oleh para penduduk lokal.

Desa tersebut berada dalam berita internasional pada tahun 2012, karena Jacintha Saldanha, seorang perawat yang bekerja di King Edward VII's Hospital Sister Agnes, Westminster, London melakukan bunuh diri karena mendapatkan penggilan telepon dari penyiar radio yang mengaku sebagai Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles, berasal dari desa tersebut dan ia dimakamkan di desa tersebut.[1]

Gereja Bunda Kesehatan, Shirva[sunting | sunting sumber]

Gereja Bunda Kesehatan, Shirva, yang sekarang merayakan peringatan ke-100nya, dikenal karena arsitektur Gothik-nya. Altarnya memiliki lukisan bergaya Romawi yang indah, yang sayangnya digantikan dengan lukisan-lukisan yang baru, setelah renovasi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ TNN (16 Desember 2012). "Indian nurse's funeral in Karnataka Town". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-26. Diakses tanggal 16 December 2012. 
  2. ^ Naronha, Sapna (21 Juli 2015). "Paintings adorn the church wall" (Bangalore). Deccan Herald. Diakses tanggal 7 August 2015.