Shin Megami Tensei IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Shin Megami Tensei IV merupakan gim video bermain peran bertema pasca-apokaliptik asal Jepang yang dikembangkan oleh Atlus untuk perangkat Nintendo 3DS. Gim ini merupakan bagian dari seri Shin Megami Tensei, seri utama dari waralaba Megami Tensei, walau ceritanya tidak terhubung secara langsung dengan gim sebelumnya. Gim ini dirilis pada Mei 2013 di Jepang dan Juli 2013 di Amerika Utara.[1][2] Gim ini juga dirilis secara digital di Eropa pada Oktober 2014.[3] Gameplay dari gim ini mirip dengan gim Shin Megami Tensei sebelumnya, menggunakan sistem pertarungan berbasis giliran yang disebut Press Turn yang memungkinkan pemain dan lawan saling bertarung dan mengeksploitasi kelemahan masing-masing, memungkinkan salah satu pihak untuk mendapatkan giliran tambahan atau bahkan kehilangan giliran.

Cerita berfokus pada Flynn, seorang samurai yang bertugas untuk melindungi kerajaan Mikado dari serangan demon musuh. Saat Samurai Hitam yang misterius mulai mengubah penduduk kerajaan menjadi demon, Flynn dan tiga rekannya ditugaskan untuk menangkap Samura Hitam. Pencarian Samurai Hitam tersebut menyeret Flynn dan rekan-rekannya pada kebenaran yang mengejutkan dan perebutan kekuasaan antara malaikat dan iblis.

Pembuatan gim ini dilakukan setelah pembuatan Shin Megami Tensei: Strange Journey selesai, tim pengembang memutuskan untuk membuat entri keempat dari seri tersebut atas permintaan penggemar. Tim pengembang berniat untuk membangkitkan gaya dan nuansa dari Shin Megami Tensei yang asli. Tokoh-tokoh utama dan beberapa demon didesain oleh Masayuki Doi, yang sebelumnya dikenal karena karyanya di seri Trauma Center, menggantikan Kazuma Kaneko yang merupakan veteran dari seri tersebut, yang desain demonnya masih ditampilkan bersama dengan sejumlah desain demon dari seniman tamu. Gim ini memulai penjualannya di Jepang dan menjadi salah satu gim terlaris pada tahun itu. Gim ini mendapat penerimaan yang secara umum positif baik di Jepang maupun Barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shin Megami Tensei IV Japanese release date set". Gematsu (dalam bahasa Inggris). 2013-02-20. Diakses tanggal 2022-06-04. 
  2. ^ "Shin Megami Tensei IV U.S. release date set". Gematsu (dalam bahasa Inggris). 2013-04-17. Diakses tanggal 2022-06-04. 
  3. ^ Life, Nintendo (2014-10-18). "Shin Megami Tensei IV Dated for 30th October in Europe". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-04.