Service pack

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sebuah Service pack (SP singkatnya) adalah kumpulan pemutakhiran, perbaikan dan / atau tambahan untuk program perangkat lunak yang dikemas dalam bentuk satu paket untuk diinstal. Banyak perusahaan, seperti Microsoft atau Autodesk, biasanya merilis sebuah paket layanan atau Service pack ketika jumlah patch individu untuk program mencapai batas tertentu. Instalasi paket layanan (Service pack) lebih mudah dan tidak rawan kesalahan daripada menginstal sejumlah besar patch secara individual, bahkan ketika memperbarui beberapa komputer melalui jaringan.

Service pack biasanya dengan penomoran, dan biasa disebut sebagai SP1, SP2, SP3 dan lain-lain. Service pack dapat juga membawa, selain perbaikan bug juga fitur-fitur baru, seperti kasus pada Windows XP SP2.

Inkremental dan kumulatif Service pack[sunting | sunting sumber]

Sebuah paket layanan dapat berupa tambahan, yang berarti hanya berisi pembaruan yang tidak hadir dalam paket layanan sebelumnya atau, bisa kumulatif, yang berarti mencakup isi semua pendahulunya. Dalam kasus produk Microsoft, sebuah pemutakhiran inkremental layanan disebut rilis. Sebagai contoh, Office 2000 harus ditingkatkan untuk melayani release 1 (SR-1) sebelum orang dapat menginstal SP2.

Paket layanan terbaru untuk Microsoft Windows yang belum kumulatif mulai dengan Windows XP Service Pack 3. Windows XP SP3 memerlukan setidaknya SP1 untuk hadir sebelum diinstal pada Windows XP lama.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]