Sermitsiaq (surat kabar)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sermitsiaq adalah salah satu dari dua surat kabar nasional di Greenland. Nama surat kabar ini diambil dari nama gunung Sermitsiaq.

Surat kabar ini diterbitkan pertama kali pada 21 Mei 1958 sebagai alternatif bahasa Kalaallisut dari surat kabar Mikken yang menggunakan bahasa Denmark. Dua majalah ini dicetak secara terpisah, dengan Mikken pada Sabtu dan Sermitsiaq pada Senin untuk sekitar enam bulan, hingga Mikken diterbitkan terakhir kalinya pada 22 November di tahun yang sama. Sermitsiaq pertama kali dicetak dalam kedua bahasa Denmark dan Kalaallisut satu minggu sebelum Mikken ditutup.

Sermitsiaq merupakan surat kabar lokal yang hanya didistribusikan di kota Nuuk hingga sekitar 1980 ketika surat kabar ini menjadi nasional. Surat kabar ini menjadi lebih politis pada periode sekitar 1980, sejak Greenland menerima pemerintahan sendiri pada 1979.

Surat kabar ini diterbitkan setiap hari Jumat, sedangkan versi daringnya diperbarui beberapa waktu setiap harinya.

Pada 2010, Sermitsiaq digabungkan dengan Atuagagdliutit/Grønlandsposten (AG), surat kabar lainnya di Greenland. Kedua situs web surat kabar tersebut sekarang dialihkan ke situs web Sermitsiaq.AG.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Perusahaan di Greenland


Templat:Greenland-media-stub Templat:Denmark-suratkabar-stub