Serisip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanaman barli dalam tahap serisip

Serisip adalah tunas yang muncul dari pangkal tanaman rumput . Istilah ini mengacu pada semua tunas yang tumbuh setelah tunas induk awal tumbuh dari sebuah biji.[1] [2] Serisip tersegmentasi, setiap ruas memiliki dua bagian daunnya sendiri. Mereka terlibat dalam perbanyakan vegetatif dan, dalam beberapa kasus, juga produksi benih.[3]

"Penyerisipan" mengacu pada produksi tunas samping dan merupakan properti yang dimiliki oleh banyak spesies dalam keluarga rumput. Hal ini memungkinkan mereka menghasilkan banyak batang (serisip) mulai dari satu bibit awal. Hal ini memastikan terbentuknya jumbai padat dan banyak kepala benih. Kecepatan serisip sangat dipengaruhi oleh kuantitas air tanah. Ketika kelembaban tanah rendah, rumput cenderung mengembangkan sistem akar yang lebih jarang dan dalam (dibandingkan dengan sistem akar yang padat dan lateral). Jadi, pada tanah kering, anakan terhambat: sifat serisip lateral tidak didukung oleh pertumbuhan akar lateral.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bell, Adrian (1991). Plant Form. Oxford, UK: Oxford University Press. hlm. 182. ISBN 0-19-854219-4. 
  2. ^ See Parts of a Grass Plant for an illustration.
  3. ^ Trlica, M. "Grass Growth and Response to Grazing". Fact sheet 6.108. Colorado State University. Diakses tanggal 1 April 2011.