Sergio Sala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sergio Sala (lahir 11 Januari 1958 di Casatenovo) juga dikenal sebagai "Gigi", adalah mantan pesepakbola dan pendaki semi-profesional Italia.

Karier sepak bola[sunting | sunting sumber]

Sergio memulai karir bermainnya di San Giorgio,[1] sebuah klub yang berbasis di Casatenovo. Ia bermain sebagai bek tengah (stopper).

Pada tahun 1980, ketika dia berusia 22 tahun, dia diperhatikan dan direkrut oleh klub Associazione Sportiva Sant'Angelo. Dia bermain dua musim bersama mereka dan kemudian mulai diperhatikan oleh klub-klub besar seperti Atalanta, A.C. Monza dan Como. Namun, selama salah satu pertandingan terakhirnya dengan A.S. Sant'Angelo,[2] meniskusnya patah, memaksanya pensiun dari sepak bola.

Tim Sergio Sala. Dia adalah orang kedua dari kanan di antara orang-orang yang berdiri.

Karir pendakian[sunting | sunting sumber]

Setelah Sala pensiun, ia menjadi pendaki. Dia adalah orang pertama yang mencapai puncak gunung Resegone[3] pada tahun 1985 dan puncak Grigna[4] pada tahun 1988. Dalam kedua kesempatan ini dia mencapai puncak hanya dengan menggunakan tangannya dan tanpa pelindung apa pun.[5] Setelah prestasi tersebut ia menjadi sangat terkenal di wilayah Brianza. Dari 1984 hingga 2013 ia adalah salah satu pemandu alpine CAI Barzanò.[6][7]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

He is one of the best friends of the singer Francesco Magni (1949-2021).[8] He and Sergio Sala made a few songs together singing in the Brianzoo Dialect. The most famous one is “Polenta e Buseca”.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]