Serati-laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serati-laut
Melanitta

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusMelanitta
F. Boie, 1822

Serati-laut adalah bebek laut kekar dalam genus Melanitta . Pejantan sebagian besar berwarna hitam dan paruhnya cembung, sedangkan betina berwarna coklat. Mereka berkembang biak di ujung utara Eropa, Asia, dan Amerika Utara, dan musim dingin lebih jauh ke selatan di zona beriklim sedang di benua tersebut. Mereka membentuk kelompok besar di perairan pantai yang sesuai. Ini sangat padat, dan burung cenderung lepas landas bersama-sama. Sarang mereka dibangun di tanah dekat laut, danau atau sungai, di hutan atau tundra. Spesies ini menyelam untuk mencari krustasea dan moluska.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Melanitta diperkenalkan oleh ahli zoologi Jerman Friedrich Boie pada tahun 1822 [1] Jenis spesies ditetapkan pada tahun 1838 sebagai scoter beludru oleh Thomas Campbell Eyton .[2] Nama genusnya menggabungkan bahasa Yunani Kuno melas yang berarti "hitam" dan netta yang berarti "bebek".[3]

Genus ini mengandungi enam spesies : [4]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
Melanitta amerika Serati-laut Amerika utara Amerika Utara di Labrador dan Newfoundland di tenggara Teluk Hudson
Melanitta nigra Serati-laut hitam utara Eropa dan Asia timur ke Sungai Olenyok
Melanitta fusca Serati-laut beludru Turki bagian timur, Eropa hingga ke selatan Inggris Raya, dan di Laut Hitam dan Laut Kaspia
Melanitta deglandi Serati-laut sayap-putih Amerika Utara
Melanitta stejnegeri Serati-laut Stejneger jauh di utara Asia di sebelah timur Cekungan Yenisey
Melanitta perspicillata Serati-laut kacamata Amerika Utara, kebanyakan di Kanada Utara dan Alaska

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boie, Friedrich (1822). Tagebuch gehalten auf einer Reise durch Norwegen im Jahre 1817 (dalam bahasa German). Schleswig: Königl Taubstummen - Institut. hlm. 308, 351. 
  2. ^ Eyton, Thomas Campbell (1838). A Monograph on the Anatidae, or Duck Tribe. London: Longman, Orme, Brown, Green, & Longman. hlm. 52. 
  3. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 246. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  4. ^ Gill, Frank; Donsker, David; Rasmussen, Pamela, ed. (July 2021). "Screamers, ducks, geese & swans". IOC World Bird List Version 11.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 16 October 2021.