Sepak mula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berkas:Sepak Mula Persija Bali United Piala Presiden 2018.png
Sepak mula yang akan dilakukan di dalam pertandingan antara Persija Jakarta dan Bali United dalam rangka putaran akhir kejuaraan sepak bola Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, DKI Jakarta, Indonesia.

Sepak mula (paling tenar dengan istilah kick-off yang berasal dari bahasa Inggris, sesekali bisa disebut sebagai tendangan pembuka, atau sepak awal ) adalah hal-hal mengenai dasar pelaksanaan secara nyata tentang permulaan dan kelanjutan suatu pertandingan sepak bola yang akan dilakoni, dengan salah seorang pemain menendang bola dari titik tengah lapangan.[1] Sepak mula juga akan kembali dilakukan setelah masuknya bola ke dalam gawang yang dicetak salah satu di antara kedua regu sepak bola. Sepak mula pada perihal keadaan seperti ini diambil oleh regu sepak bola yang gawangnya telah dijebol bola dari hasil sepakan pemain lawan. Aturan yang berkenaan dengan hal-hal mengenai sepak mula tercantum pada hukum ke-8, yaitu awal dan pelanjutan ulang permainan sepak bola dalam Aturan Permainan Sepak Bola.[2]

Tata cara dalam hal tentang sepak mula[sunting | sunting sumber]

Luis Suárez dan Andy Carroll sedang bersiap melakukan sepak mula (kick-off).

Sepak mula dilakukan dari titik tengah. Semua pemain, kecuali pemain yang pertama kali menendang, harus berada di salah satu bagian lapangan hijau karena penendang pertama dalam pertandingan sepak bola berada di bagian lapangan hijau yang terletak paling tengah. Semua pemain lawan harus berjarak sekurang-kurangnya sampai 10 yard (9,16 m) dari bola (jarak yang ditandai di lapangan berupa lingkaran tengah) sampai bola dimainkan.

Mula-mula, bola dalam keadaan tak bergerak sampai ketika bergerak karena ditendang. Pemain pertama yang menendangnya bisa saja tidak menyentuhnya lagi dan digocek pemain lain.

Persyaratan suatu kesepakatan untuk melakukan sepak mula dengan memerlukan peran dua pemain berlaku sejak tahun 1883[3] hingga tahun 2016.[4]

Tendangan bola bisa saja langsung masuk ke dalam gawang jika baru melakukan sepak mula menghadapi regu lawan.[5]

Sumber acuan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa yang dimaksud kick off dalam permainan sepak bola?". brainly.co.id. Diakses tanggal 2-2-2019. 
  2. ^ IFAB (1-6-2018). "Laws of the Game 2018/19 - Law 8 - The Start and Restart of Play - 1. Kick-off" [Aturan-Aturan Permainan Sepak Bola 2018-2019 - Hukum Ke-8 - Awal Dan Pelanjutan Ulang Permainan]. theifab.com. Zurich: Badan Persatuan Sepak Bola Antarbangsa (International Football Association Board). Diakses tanggal 10-10-2018.
    Bahasa Inggris : A kick-off starts both halves of a match, both halves of extra time and restarts play after a goal has been scored. Free kicks (direct or indirect), penalty kicks, throw-ins, goal kicks and corner kicks are other restarts (see Laws 13–17).
    Bahasa Indonesia : Sepak mula dilakukan pada setiap babak suatu pertandingan sepak bola, setiap babak dari adanya waktu tambahan dan apabila bola menjebol salah satu gawang. Tendangan bebas langsung serta tak langsung, tendangan penalti, lemparan bola ke dalam, tendangan ke arah gawang dan tendangan sudut termasuk sama seperti sepak mula (Hukum Ke-13 – Hukum Ke-17).
     
  3. ^ Wikisource link to Laws of the Game (1883). The Football Association. Wikisource. 1883. 
  4. ^ Football: IFAB Confirm Series of Changes to Football Rules Ahead of Next Season Yahoo! Sport, 16 April 2016
  5. ^ http://www.theifab.com/#!/laws/the-start-and-restart-of-play/chapters/kick-off Aturan-Aturan Permainan Sepak Bola Oleh Badan Persatuan Sepak Bola Antarbangsa, Hukum Ke-8