Lompat ke isi

Senjata bubuh-cerompong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Senjata bubuh-cerompong adalah senjata api apa pun yang penggunanya memasukkan proyektil dan bahan bakar ke ujung cerompong senjata (yaitu, dari depan, ujung terbuka laras senjata). Hal ini berbeda dengan desain senjata bubuh-pungkur yang modern (berteknologi lebih tinggi dan lebih sulit dibuat), di mana pengguna memasukkan amunisi ke pungkur senjata.

Senjata api bubuh-cerompong modern berkisar dari reproduksi senjata panjang kancing samping, kancing rijang dan kancing tutup perkusi, hingga senapan in-line yang menggunakan penemuan modern seperti senjata bubuh-sungsang tertutup, primer tersegel, dan senapan cepat untuk memungkinkan akurasi yang cukup besar pada jarak jauh.

Mortir modern menggunakan kelongsong dengan muatan penggerak dan primer terpasang di dasarnya. Tidak seperti mortar bubuh-cerompong yang lebih tua, yang dimuat dengan cara yang sama seperti meriam bubuh-cerompong, mortir modern ditembakkan dengan menjatuhkan cangkang ke dalam laras di mana pin menembakkan primer, sehingga memicu muatan pendorong utama. Baik mortir modern maupun mortir lama digunakan untuk tembakan sudut tinggi. Namun, fakta bahwa mortir tidak dimuat dalam langkah-langkah terpisah dapat membuat definisinya sebagai senjata bubuh-cerompong menjadi masalah pendapat.

Referensi[sunting | sunting sumber]